Mengenal Internet Marketing Bersama Ali Akbar

Ali Akbar

Bisnis online kini sudah semakin marak. Mulai dari pengusaha kecil hingga perusahaan besar pun turut melirik internet sebagai media pemasaran yang potensial.  Hanya saja, ada milyaran website yang bertebaran di internet, sehingga diperlukan taktik khusus agar sebuah website bisa diketahui dan dibuka oleh orang-orang. 

Pada dasarnya, ada 2 cara supaya sebuah website bisa cepat diketahui dan (diharapkan) dibuka oleh orang lain. Yang pertama, adalah memasang iklan di mesin pencari, misalnya Google. Namun cara ini memakan biaya yang cukup tinggi. Cara kedua, yang cenderung lebih irit, adalah memanfaatkan jasa para internet marketer agar sebuah website bisa muncul di halaman pertama pada mesin pencari.

Jasa yang dijual oleh para internet marketer tersebut diasa disebut SEO, atau Search Engine Optimization. Fungsinya adalah mengoptimalkan sebuah website dengan kata kunci tertentu. Misalnya, jika kamu mempunyai online shop yang menjual jam tangan, pada saat seseorang yang mengetik kata kunci “jam tangan” di Google, maka alamat online shop milikmu akan muncul di halaman pertama pencarian dan otomatis akan langsung terlihat oleh orang tersebut.

Salah seorang pakar SEO di Indonesia adalah Ali Akbar. Pria kelahiran Jakarta, 15 Maret 1979 ini telah meraih gelar “Certified Search Engine Marketing Advanced Skills” dari Asia Search Engine Academy. Pencapaiannya yang lain adalah penulis buku “Playboy Marketing”, pemateri seminar “Go Online atau BANGKRUT” serta “10 Cara Cari Rejeki HALAL di Internet”. Ia juga merupakan owner dari komunitas http://www.bismacenter.com, komunitas optimizer pertama di Indonesia serta http://www.blackberryoptimizerindonesia.com, komunitas pengguna BlackBerry marketer pertama di Indonesia.

Sejak kapan anda menekuni bidang internet marketing ini?

Sejak tahun 2002, sudah mulai menjual barang-barang di Internet, Dan sejak akhir 2007, memfokuskan diri pada Marketing di Mesin Pencari (Google, Yahoo)

Darimana anda mendapatkan cara untuk menguasai algoritma Google tersebut?

Saya belajar dari Asia Search Engine Academy, yg pusatnya ada di Search Engine Academy di Mississippi,

Dengan cara apa saja kita bisa menghasilkan uang melalui internet?

Ada 10 cara menghasilkan uang di Internet, antara lain : eMail, Video, Messenger, Blog, Afiliasi, Jejaring Social, Artikel, Domain, Hosting, dan Mesin Pencari.

Bagi sebagian masyarakat, istilah SEO terdengar masih asing. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan SEO itu dan apa saja yang dilakukan orang-orang yang bergerak di bidangnya?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Secara sederhana bisa dikatakan dengan

“Cara Mudah terlihat dan ditemukan di mesin pencari, Google,” misalnya. Yang kami lakukan adalah membuat Web Marketing, bukan sekedar web yang akan jadi “Sampah Dunia Maya”.

Apakah hasil kerjanya bisa dipertanggungjawabkan?

Tentu saja, banyak pebisnis yang sudah memiliki website, tapi sifatnya masih “web egois”, artinya hanya fokus pada apa yg perusahaan punya, bukan pada apa yang orang cari di mesin pencari. Sedangkan web yang sudah “search engine friendly” bisa dipertanggung jawabkan, dalam artian bisa dilihat dan ditemukan di mesin pencari.

Bagaimana cara membedakan penyedia jasa SEO yang asli dengan yang asal-asalan?

SEO itu bukan segala-galanya. Penyedia jasa SEO yang asal-asalan hanya fokus membuktikan bahwa kliennya sudah terlihat di halaman 1, padahal terlihat saja tidak cukup. Harus ada skema tambahan yang dikenal dengan sebutan konversi. Artinya, jika dihalaman 1 tapi tidak terdapat informasi nomor kontak akan membuat orang lain batal order. Apalagi, jika saat webnya di-klik tapi lama tampilnya.

Bagaimana cara anda mengelola ke-180 cabang bisnis di internet?

Saya memiliki sebuah sistem yang dikenal dengan sebutan “Traffic Manager Specialist”, jadi order-order yang datang dari Internet kemudian disaring dan diteruskan kepada pengusaha (klien), sehingga  pengelolaannya tidak lagi menjadi rumit.

Apa yang harus dipelajari untuk bisa menguasai internet marketing?

Anda harus memahami apa yang menjadi masalah orang lain, yang kemudian menemukan pemilik solusi. Anda bisa menjadi sang “pengelola informasi”. Saya menyebutnya dengan sebutan “Optimasi”.

Menurut anda, apakah kendala terbesar dalam berbisnis melalui internet?

Order yang membeludak, serta kecepatan koneksi internet yang belum ideal.

Apakah bidang SEO ini sepenuhnya bergantung kepada pengunaan Google?

SEO bergantung pada mesin pencari, yang notabene bukan hanya Google. Hanya saja, pengguna internet di Indonesia memang mayoritas menggunakan Google sebagai mesin pencari favorit.

Secara mendasar, fungsi SEO bagi para pebisnis online adalah untuk “Membuat toko ramai dikunjungi”. Menurut anda, apakah pengunjung yang ramai akan berdampak langsung kepada penjualan?

Bisa jadi TIDAK BERDAMPAK LANGSUNG. Anda bisa membayangkan saat anda ke mall, tapi hanya sedikit saya kan yang mengunjungi toko roti. Padahal mungkin pengunjung mall nya bisa Ribuan orang perhari. Itu yg disebut dengan sebutan, “Kaya Trafik, Miskin Konversi”

Apakah menggunakan trik-trik SEO dapat membuat website kita di-banned?

Jika menggunakan teknik “Whitehat SEO”, biasanya tidak akan terjadi banned. Teknik “Blackhat SEO” yang dipastikan akan mendapatkan banned dari mesin pencari.

Jika dibandingkan, apakah SEO dapat mengungguli Google Ads?

SEO diletakkan oleh Google di sisi “organic Search”, sedangkan Google Ads diletakkan Google di sisi atas dan sisi kanan, bahkan di bawah, dan dikenal dengan sebutan “paid search”. Tentu Google akan meletakkan orang-orang yang membayar ke Google melalui PPC (Pay Per Click) dibandingkan dengan SEO yang gratis. Hanya saja, penggunaan PPC juga harus bijak, supaya anggaran iklan anda tidak membuat kantong terkuras.

Bisakah anda  memberi sebuah alasan kuat mengapa orang-orang harus membayar pakar atau mengikuti pelatihan SEO, sementara mereka bisa beriklan dengan mudah melalui Google Ads?

Pelatihan SEO bersifat mengajarkan “shortcut” yang penting dalam proses optimasi halaman web. Selain itu, bisa juga lebih efisien anggarannya. Daripada membayar ke Google, lebih baik anda sendiri yang membuat iklan, dan bantuan pakar pun harus terus menerus, bisa juga melakukan “tes dan ukur” dalam memaksimalkan anggaran.

Bagaimana cara untuk menentukan keywords yang paling efektif untuk website kita?

Lihat pada kata kunci (keywords) yang sering dicari / diketik orang dikotak pencarian mereka.

Dalam mengadakan pelatihan SEO, hal apa yang paling sering tidak dipahami oleh para peserta pelatihan anda?

Pelatihan yang kami selenggarakan sudah dibuat sesederhana mungkin. Bahkan seorang anak berusia 13 tahun (Qilan Ridwan Umara, dari Jakarta) pun bisa mendapatkan order buah kiwi setiap hari. Peserta pelatihan yang malas menuliskan halaman-halaman optimasi (yang tidak praktek) yang akan merugi.

Mana yang lebih menguntungkan menurut anda: Berjualan melalui online shop, atau membuat blog yang mencari pendapatan dari iklan pay-per-click?

Semua bisa menguntungkan, sepanjang tepat sasaran terhadap pencarian informasi. Dalam dunia iklan online dikenal dengan sebutan “High Paying Keyword”.

Media apa di internet yang masih berpotensi sebagai lahan bisnis di masa yang akan datang?

Jejaring Sosial dan Pencarian informasi terhadap bisnis lokal.

Terakhir, ada pesan untuk yang ingin memulai bisnis di internet?

Ada masalah, harus ada solusi, saya jago optimasi. Pesan saya, lebih cerdaslah mengelola informasi, karena harta karun yang berharga adalah informasi yang teroptimasi.

1 reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s