Mimpi Besar Rinni

Rinni

 Juara Indonesian Idol tahun 2007 yang mengawali karir di industri musik lewat single “Aku Bukan Boneka” ini telah kembali dengan single baru dan nama baru. Setelah sebelumnya dikenal publik sebagai Rini Idol, penyanyi bernama asli Rini Wulandari ini menanggalkan embel-embel “Idol” di belakang namanya dan hanya menggunakan nama Rinni sebagai nama panggungnya. Sempat cukup lama break dari dunia hiburan untuk menyelesaikan studi, kini Rinni hadir melalui single terbarunya yang berjudul Mimpi Besarku. Saat ditemui dalam rangkaian promo single tersebut, Rinni berbagi banyak hal seputar  kisah di balik lagu tersebut serta keputusannya untuk tidak lagi menggunakan kata “Idol” di belakang namanya.

Single “Mimpi Besarku” sangat jauh berbeda dengan single-single Rinni sebelumnya yang lebih upbeat dan ceria. Apakah ingin merubah image?

Sebenernya merubah image ngga, karena aku masih tetap  di jalur musik pop. Hanya dari dulu kan aku memang belum pernah mengeluarkan single yang slow seperti ini, makanya sekarang kita coba. Dan kalau dilihat dari sisi vokalnya juga lebih dewasa dibanding  yang dulu. Aku inginnya single ini tidak usah terlalu berat, easy litening, supaya sekali dengar orang langsung tahu. Makanya dari beberapa demo yang dikumpulkan, akhirnya kita memilih Mimpi Besarku untuk dijadikan single.

Pendewasaan seiring perkembangan usia?

Bisa dibilang begitu, karena album pertama dan single-single yang dulu waktu umur aku masih belasan tahun. Sekarang karena umur aku sudah menginjak 22 tahun, jadi memang sepertinya sudah mulai memilih lagu yang temanya lebih dalam, dan lebih dewasa juga.

Sudah ada pembahasan untuk mengerjakan album kedua?

Inginnya sih secepatnya. Tapi memang sekarang kita fokus di Mimpi Besarku dulu. Kita lihat dulu feedbacknya seperti apa, baru setelah itu kita memikirkan album. Karena aku juga tidak ingin mengeluarkan album yang tidak mewakili diri aku, album pertama aku itu kan ibaratnya hadiah karena jadi juara Indonesian Idol. Nah, aku inginnya nanti album kedua memang benar-benar mewakili karakter Rinni. Seperti single Mimpi Besarku ini yang benar-benar aku pilih sendiri lagunya, aransemennya, cara bernyanyinya. Album yang Rinni banget dan mungkin tidak usah terlalu banyak show-off teknik vokal.

Tapi bukankah dengan status sebagai salah satu juara Indonesian Idol, justru orang akan mengharapkan teknik dan skill vokal yang menonjol dari karya-karya Rinni?

Hal itu sebenarnya sempat terpikir. Tapi kalau misalnya kita research, mendengar sebuah album yang dari lagu pertama sampai lagu terakhirnya show-off, itu pasti lama-lama akan capek dan bosan mendengarnya.  Sekarang misalnya kita lihat Adele dengan lagu Someone Like You, lagu itu sebenarnya tidak menggunakan skill atau teknik vokal yang sulit. Hanya dengan bermodalkan lagunya yang memang sudah enak, liriknya yang dalam, dan cara menyanyikannya yang penuh penjiwaan, bisa membuat lagu tersebut sampai ke hati orang-orang yang mendengarkannya. Menurut aku, it’s the magic of lyric and the magic of song. Dan aku ingin lagu Mimpi Besarku bisa seperti itu.

Sudah 5 tahun sejak Rinni menjuarai Indonesian Idol, dan sampai sekarang orang-orang masih mengidentikkan Rinni sebagai “Rini Idol”. Sebenarnya Rinni ingin melepaskan image tersebut atau tidak?

Tentunya. Makanya sekarang untuk single yang baru aku keluar dengan Rinni, tanpa Idol. Itu diantaranya juga keputusan dari label dan manajemen. Dan kalau aku rasa orang juga sudah cukup tahu. Mungkin tinggal pembiasaan orang-orang untuk tidak membawa “Idol”-nya saja di belakang nama.

Rinni sendiri, berharap single Mimpi Besarku ini akan membawa Rinni sampai ke mana?

Membawa untuk mewujudkan mimpi-mimpi besar Rini yang belum tercapai. Amin!

Apa saja mimpi-mimpi itu?

Banyak sekali, salah satu yang sudah tercapai saat ini adalah lulus kuliah. Yang pasti aku selalu berharap untuk bisa lebih sukses dari sebelumnya, dan bisa mencapai titik kesuksesan yang tertinggi.

Apakah makna sukses bagi seorang Rinni? Finansial, popularitas, atau lainya?

Sebenarnya banyak ya. Alhamdulillah dengan kegiatan aku kemarin yang beriringan antara bekerja dengan kuliah, untuk sisi finansialnya aku bersyukur yang aku dapat sudah cukup. Kalau kesuksesan yang ingin aku raih sekarang, selain dari segi finansial yang mungkin lebih baik dari yang kemarin, yaitu dari segi popularitas. Yang pertama adalah orang-orang bisa mengenal aku dengan Rinni saja, tanpa Idol. Lalu lagu-lagu aku bisa booming seperti yang sebelumnya, atau bahkan lebih. Dan aku ingin bisa tetap berada di industri musik sampai pada saat dimana aku memang sudah benar-benar ingin berhenti.

 

Terakhir, bisa berbagi sedikit tips mengenai cara terbaik untuk mewujudkan mimpi?

Menurut aku, semua hal itu berawal dari mimpi. Apapun yang kita inginkan dalam hidup ini pasti berawal dari mimpi. Kalau misalnya kita memiliki impian, jangan tanggung-tanggung. Bermimpilah setinggi dan sebesar mungkin. Mimpi itu juga harus dicapai dengan cara terus berusaha. Kalaupun misalnya kita sudah berusaha tapi masih menemui kegagalan, jangan putus asa. Bagi aku, itu adalah cara Tuhan untuk berkata “Sabar, kamu belum dapat hal yang kamu inginkan, tapi bukan berarti kamu tidak layak untuk mendapatkannya. Tapi kamu akan dapat sesuatu yang jauh lebih baik dari yang kamu inginkan.”  Jadi kalau menurut aku ya itu salah satunya. Dan sesuatu yang indah itu pasti akan ada tepat di waktu yang tepat, bersama keadaan yang tepat juga, dan bisa berada di tempat yang tepat. Jadi teruslah bermimpi, berusaha dan berdoa.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s