Pentingnya Merawat Organ Intim

Pentingnya Merawat Organ Intim

photo by luigi diamanti -freedigitalphotos

Menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim sangatlah penting. Caranya pun sebenarnya sama sekali tidak sulit. Hanya saja, pada kenyataannya masih banyak wanita yang melakukan kesalahan atau bahkan lupa untuk merawat bagian tersebut. Apa saja cara mudah yang bisa dilakukan untuk menjaga agar organ intim tetap sehat? Inilah dia beberapa diantaranya:

Mengganti Pembalut dan Panty Liner Secara Teratur

Sebaiknya jangan menggunakan pembalut atau panty liner terlalu lama, karena dapat membuat bagian tersebut menjadi lembab dan memicu pertumbuhan kuman dan bakteri. Bagi wanita yang aktif maupun yang mengeluarkan darah sangat banyak pada saat menstruasi, sebaiknya mengganti pembalut dan  pantyliner secara rutin setiap beberapa jam sekali.

Konsumsi Makanan dan Minuman Sehat

Tubuh sangat membutuhkan buah dan sayuran untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, yang termasuk juga kepada kesehatan organ intim atau organ reproduksi. Yang tak kalah penting adalah minum air putih yang cukup, setidaknya 2 liter perhari. Hal tersebut adalah untuk menghindari sahal satu gangguan yang cukup sering dialami kaum wanita, yaitu infeksi saluran kemih. Jika tubuh Anda sehat, maka organ intim Anda pun tentu akan sehat.

Tidak Sembarangan Mengkonsumsi Obat

Pada dasarnya, obat-obatan medis hanya bermanfaat jika digunakan sesuai dosis yang dianjurkan oleh dokter. Jika digunakan dengan sembarangan, obat-obatan malah bisa menimbulkan efek yang berbahaya bagi tubuh. Terutama obat jenis antibiotik. Jika dikonsumsi secara berlebihan dan dalam jangka panjang, antibiotik bisa membunuh bakteri yang baik bagi tubuh sehingga keseimbangannya terganggu dan menjadi salah satu pemicu keputihan.

Membilas Organ Intim Setelah Buang Air Kecil atau Bercinta

Hal ini sangat penting untuk menjaga kebersihan daerah tersebut. Selalu gunakan air bersih untuk membilas. Jika terpaksa buang air kecil di toilet umum yang tak terjamin kebersihannya, bawalah air mineral botolan untuk membilas. Air yang kotor atau mengandung kuman dan bakteri dapat menimbulkan gangguan pada organ intim seperti gatal-gatal, bau tak sedap atau keputihan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s