Tips: Bekerja Dengan Lebih Efisien

Star Glam Magazine

Photo by Witthaya Phonsawat -freestockimages

Semakin ketatnya persaingan di dunia kerja, membuat tuntutan produktivitas bagi karyawan pun menjadi semakin tinggi. Seringkali, kuota pekerjaan yang harus diselesaikan begitu banyak, membuat waktu kerja selama 8 jam sehari terasa terlalu singkat. Namun, sebetulnya ada banyak cara yang bisa dilakukan agar pekerjaan bisa diselesaikan dengan lebih cepat. Berikut ini adalah beberapa tips untuk bekerja dengan lebih cepat dan efisien di kantor:

Selesaikan Setiap Pekerjaan Yang Sudah Dimulai

Meninggalkan pekerjaan yang belum diselesaikan adalah salah satu sumber stres terbesar. Pekerjaan yang belum terselesaikan tersebut akan menghantui pikiranmu dan membuatmu tak bisa benar-benar fokus saat mengerjakan tugas yang lain. Di sisi lain, saat kamu menyelesaikan suatu pekerjaan, kamu akan merasa lebih tenang dan bersemangat untuk mengerjakan tugas selanjutnya.

Kelompokkan Pekerjaan Sesuai Jenisnya

Saat kamu memulai mengerjakan sesuatu, hal tersebut memerlukan waktu. Kamu perlu mempersiapkan segala yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tersebut, serta menciptakan kondisi yang mendukung untuk mengerjakannya. Jika kamu mengelompokkan setiap pekerjana sesuai jenisnya dan mengerjakannya secara berurutan, kamu akan bisa menyelesaikan seluruhnya dengan lebih cepat.

Tetap Fokus Saat Berada di Kantor

Jika tiba waktunya untuk berkerja, bekerjalah seperti seharusnya. Berada di kantor tidak menjamin bahwa kamu akan fokus terhadap pekerjaan. Seringkali sebuah pekerjaan memakan waktu lebih lama untuk diselesaikan karena kita gagal untuk fokus dan teralihkan dengan kegiatan lain, seperti mengobrol dengan rekan kerja di kantor atau menemukan artikel yang menarik di internet.

Utamakan Pekerjaan Yang Paling Krusial

Periksalah daftar pekerjaanmu, dan carilah mana yang lebih mendesak untuk diselesaikan. Temukan cara untuk tetap fokus saat mengerjakannya. Jika pekerjaan tersebut sudan dapat diselesaikan, kamu akan lebih mempunyai banyak waktu serta dapat mengerjakan perkarjaan lain dengan lebih nyaman.

Jangan Lupakan Istirahat

Bekerja dengan tubuh yang lelah dan pikiran yang penat tidak akan banyak membantu, karena kamu akan kesulitan untuk berkonsentrasi dan bekerja dengan efisien. Sesekali beristirahatlah baik itu sekedar berjalan-jalan merenggangkan otot, membuat kopi, ataupun merebahkan tubuh untuk sejenak. Hanya saja, jangan sampai kamu mengambil terlalu banyak waktu untuk beristirahat dan malah melupakan pekerjaan yang seharusnya diselesaikan.

Categories: Work

Tagged as: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s