Imara Exclusive by Toera Imara

Toera Imara - Perancang Busana Muslim

                “Terjun ke industri fashion busana muslim memang menjadi tantangan yang luar biasa bagi pria kelahiran Sumedang, 4 Maret 1970. Busana muslim yang dianggap sangat konvensional dan terkesan kuno membuat Toera Imara ingin merubah paradigma tersebut. Dengan kemampuan nya merancang dan desain yang berbeda dari yang lain, Toera berhasil membawa perubahan mengenai konsep busana muslimah”

Berawal dari keahliannya melukis dan darah seni yang mengalir pada tubuhnya membuat Toera Imara tertarik untuk mendalami dunia fashion design. Tahun 1989, Toera  mengikuti Pendidikan di sekolah Fashion Design Studio Intermodel Bandung. Toera yang merupakan Alumni STIE YPKP Bandung ini mulai bekerja sebagai asisten desain pada beberapa perusahaan garmen ternama di Bandung setelah menyelesaikan studi S1 nya. ” Selama setahun pertama saya mulai menjajal kemampuan saya di bidang desain. Saya menjual beberapa desain karya saya ke perusahaan garmen, menjadi pengisi rubrik fashion di koran dll”. Setelah itu saya pun mulai masuk ke arah bisnis fashion,” ungkap salah satu pendiri IPBM (Ikatan Perancang Busana Muslim) Jawa Barat ini.

Selama 12 tahun bekerja di garmen untuk mencari ilmu dan pengalaman, tahun 1995 Toera memberanikan diri untuk mencoba karir sendiri. Berkat ketekunan dan usaha kerasnya, Toera berhasil membuat brand sendiri yaitu Imara Exclusive. ” Saya mencoba peruntungan di bisnis busana muslim bersama istri saya. Awalnya memang kecil – kecilan saja tapi Alhamdulillah rancangan saya mulai disukai dan diterima masyarakat luas,” ujar ayah dari dua orang anak ini.

Apa yang menjadi tujuan utama anda saat memutuskan untuk menekuni bidang ini?

Terjun ke industri fashion busana muslim memang menjadi tantangan yang luar biasa bagi saya karena dulu baju muslim dirasa sangat konvensional dan (maaf) kampungan. Tapi saya melihat industri busana muslim itu ada di Bandung. Berbekal kemampuan saya merancang, saya ingin merubah pandangan mengenai busana muslim yang konvensional menjadi busana muslim yang trendi dan modern tanpa harus membuka auratnya. Dan ternyata masyarakat menyukai rancangan saya. Orang-orang mulai berhijab. Dan ini menjadi salah satu ibadah untuk saya, karena dengan adanya busana muslim yang sudah tidak konvensional lagi, semakin banyak pula perempuan yang memakai busana muslim. Dengan berhijab pun, para muslimah bisa tampil cantik dan modern.

Apa yang istimewa dari setiap desain rancangan anda?

Banyak yang menyadari bahwa saya terjun ke dunia fashion busana muslim ini dengan membawa perubahan. Desain buatan Imara Exclusive ini  bukan hanya konsep tunik abaya yang maen polet saja. Saya bikin sesuatu yang beda, mengadaptasi baju  kontemporer ke busana muslim dan berhasil. Saya tidak menghususkan di kain etnik, batik, dll tetapi mengolah cutting style. Ciri rancangan yang cenderung romantic, girly, dan aksen opnatial, fit and flair, membuat orang mudah mengenali karakter rancangan Toera Imara. Komposisi kain yang sedang tren di pasaran kemudian saya olah menjadi sesuatu yg berbeda dan menjadikan karakter rancangan saya kuat dan beda. Ada detail yang menjadi ciri khas Imara Exclusive. Sampai akhirnya para pelanggan Imara Exclusive, sudah bisa mengenali baju rancangan saya tanpa melihat label. Satu sisi yang dilihat oleh pelanggan Imara Exclusive adalah rancangan saya tidak tergerus waktu awet, dan tidak out of date

Dari segi bisnis, bagaimana cara anda mengatasi persaingan dalam industri busana muslim yang semakin ketat?

Memang berat ditengah persaingan dalam industri sekarang,  dan kemampuan pasar cenderung turun. Yang paling penting kita harus punya konsep dan karakterisitik yang jelas. Saya tidak menjiplak dan mengikuti alur. Saya selalu menciptakan desain yang berbeda dari yang lain. Supaya berbeda saya membubuhkan sesuatu kepada rancangan itu seperti aksesoris, dll. Ini  yang membuat saya bisa menjual baju ini lebih ekslusif dibandingkan yang lain. Para pelanggan setia Imara Exclusive tetapi dengan kualitas lebih bagus dan lebih menjual tentu tidak mudah dan harus sabar. misalnyaksg lagi musim blazer, orang orang buatnya sama kalo saya beda, disematkan aksesoris, maen kombinasi lipit di kerahnya bukan kerah biasa, itu yg buat berbeda, punya karakterisik sendiri.

Apa yang menjadi harapan anda untuk Imara Exclusive itu sendiri?

Imara Exclusive selain menyediakan busana untuk pakaian sehari hari, ada juga gaun ekslusif untuk pesta, dan untuk busana pengantin. Pada tahun 2012 saya mulai mengembangkan bridal muslim atau konsep kebaya untuk hijab. Nah, saya ingin lebih serius ke arah muslim wedding dan mengembangkan bisnis wedding organizer.

IMARA EXCLUSIVE

Balubur Town Square Blok F N0.11 Lt.2 Jl. Taman Sari, Bandung

Telp: 022 61675040

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s