Ingin Gadget Tetap Awet? Hindari Kebiasaan-Kebiasaan Ini!

Photo by nokhoog_buchachon - freestockimages

Photo by nokhoog_buchachon – freestockimages

Saat ini, gadget canggih seperti tablet dan smartphone makin menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Namun, gadget canggih pun tentu perlu diperlakukan dengan hati-hati agar terhindar dari kerusakan. Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan yang sebaiknya dihindari agar gadget kesayangan anda tetap awet:

Menggunakan sembarang charger

Masing-masing Gadget, terutama yang berbeda merek, mempunyai baterai yang berbeda-beda, dengan asupan listrik yang berbeda-beda pula. Karena itulah menggunakan sembarang charger untuk mengisi baterai gadget tidak disarankan, karena lama-kelamaan dapat membuat baterai menjadi korslet atau drop. Termasuk juga penggunaan charger palsu/non original, karena tidak terjamin standar kualitas dan keamanannya. Anda tentu pernah mendengar mengenai kasus-kasus smartphone yang meledak, bukan?

Menyimpannya di saku celana

Bagi para pengguna smartphone, sebaiknya tidak menyimpan perangkat anda di saku celana, terutama celana jeans. Smartphone yang beredar saat ini kebanyakan berukuran cukup besar, sehingga agak menyulitkan untuk disimpan di saku celana. Selain itu, layarnya bisa rusak karena tergores benda-benda lain yang juga disimpan di dalam saku. Bila disimpan di saku belakang, bisa saja anda lupa dan tanpa sengaja menduduki perangkat tersebut hingga patah.

Tidak menggunakan pelindung

Usahakan melindungi gadget anda dengan casing tambahan. Selain bisa mempermanis tampilan gadget, casing tambahan ini dapat membantu melindungi gadget jika sewaktu-waktu terbentur atau terjatuh. Memasang screen protector juga bisa menjadi alternatif tambahan agar gadget makin terlindungi.

Pemakaian berlebihan

Sering bermain game atau browsing selama berjam-jam menggunakan gadget anda? Sebaiknya, kurangi kebiasaan tersebut. Gunakan gadget anda dengan wajar agar tidak mengalami overheat. Gadget yang terlalu panas lambat laun akan mengurangi daya tahan komponen-komponen di dalamnya, terutama baterai yang akan bekerja dengan sangat keras.

Membawanya ke kamar mandi

Jika anda termasuk orang-orang yang selalu membawa gadget anda ke kamar mandi, berhati-hatilah karena banyak resiko yang mengintai. Mulai dari tersiram air, jatuh ke lantai yang basah, jatuh ke dalam kloset, dan sebagainya. And yes, it could happens!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s