Cara Aman Bersepeda Di Jalan Raya

photo by cbenjasuwan - freedigitalimages

photo by cbenjasuwan – freedigitalimages

Besarnya manfaat dari bersepeda bagi kesehatan tubuh, ternyata hampir sebanding dengan resikonya. Meskipun aktivitas bersepeda dapat menjaga tubuh tetap sehat serta membantu mengurangi polusi udara, namun pada kenyataannya para pesepeda lebih rawan menjadi korban kecelakaan dibanding pengguna jalan yang lain. Terlebih lagi bagi para pesepeda urban yang harus mengayuh diantara kepadatan mobil dan motor di jalan raya. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu meningkatkan keamanan saat bersepeda:

  1. Sebelum turun ke jalan, pastikan seluruh komponen sepeda terutama komponen inti seperti rem, ban, rantai dan gir bekerja dengan sempurna agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

  2. Usahakan untuk memilih rute dengan kepadatan lalu-lintas yang paling sedikit. Menghindari jalan utama dan memilih melewati jalan tikus merupakan pilihan yang terbaik. Janganlah terlalu berharap pada jalur khusus sepeda, karena seringkali beralih fungsi menjadi lahan parkir mobil.

  3. Selalu patuhi peraturan dan rambu lalu-lintas. Janganlah mencoba untuk melawan arus atau menerobos lampu merah, karena bisa menyebabkan kamu tertabrak oleh kendaraan lain, terutama pada malam hari.

  4. Beri sinyal dengan tangan setiap kali akan melakukan manuver seperti berbelok, menyalip, ataupun berhenti dan pastikan pengguna jalan yang lain dapat melihatnya dengan jelas. Hal ini sangat penting, agar pengguna jalan yang lain dapat mengantisipasi manuver yang akan kamu lakukan.

  5. Selalu waspada akan jalan yang berlubang, pasir, kerikil, paku, pecahan kaca, maupun benda-benda berbahaya apapun yang dapat menyebabkan ban sepeda tergelincir maupun bocor. Pada saat hujan, berhati-hatilah saat melewati genangan air karena bisa saja itu adalah lubang dalam yang bisa membuatmu terjatuh.

  6. Jangan bersepeda terlalu pinggir/terlalu dekat dengan trotoar, karena hal tersebut dapat membuatmu tidak terlihat oleh para pengendara mobil dan motor. Terlalu dekat dengan trotoar juga dapat menyebabkan pedal sepeda terbentur pinggiran trotoar dan menyebabkan kamu terjatuh. Jarak ideal yang aman adalah sekitar 50 cm dari trotoar.

  7. Demi keamanan, sebaiknya hindari mendengarkan musik melalui earphone pada saat bersepeda, agar kamu dapat lebih berkonsentrasi pada kondisi jalan raya.

  8. Lakukan kontak mata langsung dengan setiap pengendara, dan selalu waspada. Meskipun pengendara lain sedang menatap ke arahmu, belum tentu mereka melihat atau menyadari keberadaanmu.

Categories: Sport

Tagged as: , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s