Harapan Baru: Kanker Payudara Kini Bukan Akhir Dari Segalanya

 

Bulan kesadaran kanker payudara yang diperingati setiap Oktober, merupakan momen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai penyakit kanker payudara, hingga pentingnya melakukan deteksi dini. Dalam hal perawatan dan pengobatan kanker payudara, diagnosa dini memiliki peran yang sangat penting.

Semakin awal kanker payudara terdeteksi, semakin besar juga peluang kesembuhan dan harapan hidup pasien. Karena itulah kesadaran untuk melakukan pemeriksaan rutin sangatlah penting agar kanker dapat ditemukan sedini mungkin. Hal tersebut diungkapkan oleh dua orang dokter dari ICON SOC Singapore, yaitu Dr Shang Yeap selaku Medical Oncologist dan Dr Choo Bok Ai selaku Radiation Oncologist.

“Yang paling penting ketika mencari pengobatan kanker adalah mendiagnosisnya sejak dini, mendiagnosisnya dengan tepat, dan juga memberikan pengobatan lebih awal. Tetapi saya pikir yang penting adalah mendiagnosis dengan benar, dan mendiagnosisnya pada tahap awal,” ungkap Dr Choo.

ICON SOC merupakan gabungan dari Singapore Oncology Consultants (SOC) dengan Icon Group selaku pemberi layanan kanker swasta terbesar di Australia. Icon SOC saat ini memiliki tujuh pusat layanan kanker di Singapura yang diperkuat oleh sekelompok pakar di bidang kanker yang sangat berpengalaman dan ahli di bidangnya, meliputi spesialis onkologis medis, hematologis dan onkologis radiasi.

Dr Shang Yeap & Dr Choo Bok Ai bersama Mick Kong, representatif dari ICON SOC saat berkunjung ke Bandung (21/9).

“Dalam pengobatan kanker payudara, ada kemajuan dalam setiap bidang baik itu kemoterapi, operasi dan radiasi. Bertahun-tahun lalu, hampir setiap wanita perlu mengangkat seluruh payudara jika terkena kanker payudara. Tetapi belakangan ini hanya benjolan yang terdapat kanker yang perlu diangkat melalui operasi. Setelah itu, pasien dapat menjalani radioterapi dan hasilnya sama baiknya jika dibandingkan dengan mengangkat seluruh payudara,” ujar Dr Shang.

Dr Shang juga mengungkapkan bahwa ada juga perkembangan dalam pengobatan kemoterapi yang juga meningkatkan hasil pengobatan dalam kanker payudara. Pasien baru mendapatkan perawatan yang lebih baik dari segi obat-obatan dan terapi tertarget (targeted therapy) yang kian efektif sehingga meningkatkan hasil pengobatan dan meningkatkan harapan hidup pasien.

Apa itu terapi tertarget?

Terapi tertarget adalah pengobatan kanker yang secara khusus menargetkan sel-sel kanker seseorang dan molekul yang memerintahkan sel untuk tumbuh dan menyebar.

Dengan menyerang molekul-molekul ini dalam sel kanker, terapi tertarget dapat memblokir pertumbuhan abnormal sel-sel yang menyebabkan kanker. SELENGKAPNYA

Untuk terapi tertarget pada kanker payudara stadium awal, hampir 90% di antaranya dapat disembuhkan. Jadi itu merupakan sebuah kemajuan besar, dan itu disebabkan oleh pengobatan tertarget yang baru. Jadi kami berhasi; menyembuhkan lebih banyak kanker payudara dari sebelumnya,” ungkapnya.

“Namun sayangnya beberapa pasien yang datang menderita kanker payudara stadium akhir, yaitu stadium 4. Sekarang untuk pasien-pasien ini, kita masih belum bisa menyembuhkan mereka. Tetapi mengingat di antara pasien-pasien ini, mereka dulu mungkin memiliki satu atau dua tahun harapan hidup, tetapi sekarang dengan terapi baru yang ditargetkan, rata-rata harapan hidup telah meningkat menjadi lima tahun pada beberapa jenis kanker payudara,” Dr Shang menambahkan.

Belakangan ini, kemajuan dalam bidang radioterapi dalam penanganan kanker payudara juga berkembang cukup pesat. “Pada kanker payudara yang sangat lanjut kita dapat mengobati dalam penargetan yang berbeda. Dan kadang ketika kanker telah menyebar ke bagian tubuh lain atau ke otak, pasien tidak perlu melakukan operasi lagi. Karena dalam radioterapi kami menyebutnya radiosurgery, kami dapat memberikan radioterapi dosis tinggi dan menargetkannya pada sel-sel kanker di otak, sehingga sel-sel kanker di otak tidak lagi berfungsi. Jadi sebenarnya itu seperti kita mengangkatnya tanpa operasi,” ujar Dr Choo.

Untuk mengetahui pengobatan apa saja yang bisa dilakukan pada kanker payudara, klik DISINI.

Ia juga kembali menekankan pentingnya melakukan mamografi untuk mendeteksi kanker payudara. Mammogram adalah sebuah alat khusus yang menggunakan energi radiasi atau sinar X yang untuk memantau perkembangan dalam jaringan di payudara. dan mendeteksi sel kanker payudara sebelum sel tersebut berkembang terlalu jauh. Mulai dari usia 40 tahun, sebaiknya melakukan pemeriksaan mamografi setahun sekali, dan setelah usia 50 tahun pemeriksaan mamografi dapat dilakukan sekali setiap dua tahun.

“Pada kanker payudara stadium 1 atau stadium 2, peluang bertahan hidup adalah sekitar 70 hingga 90%. Di stadium 3, peluang tersebut menyusut menjadi 50%. Pada stadium 4, kanker tidak bisa disembuhkan. Jadi yang terpenting adalah untuk meningkatkan kesadaran dan melakukan deteksi dini,” pungkas Dr Choo.

Icon SOC saat ini memiliki tujuh pusat layanan kanker di Singapura yang diperkuat oleh sekelompok pakar di bidang kanker yang sangat berpengalaman dan ahli di bidangnya, meliputi spesialis onkologis medis, hematologis dan onkologis radiasi. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs ICON SOC di https://iconcancercentre.sg/

Categories: Health

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.