6 Tempat Berburu Buku Murah di Bandung ini Wajib Dikunjungi Para Pecinta Buku

Banyak survei mengatakan minat baca buku di Indonesia tergolong rendah. Namun pertumbuhan buku baru yang ada di Tanah Air ini terbilang cukup tinggi. Hal ini juga dapat ditandai dengan banyaknya penulis baru dan penerbit independen yang bermunculan. Ditambah toko buku daring yang semakin banyak pula.

Kini, masyarakat dapat dengan mudah mencari buku secara daring. Meski begitu, tak jarang sejumlah toko, bursa atau pasar buku bekas masih bertahan di tengah gempuran digital, khususnya di Kota Bandung. Nah, jadi di mana saja lokasi berburu buku murah di Kota Kembang?

Pasar Buku Palasari

plsr

Lokasi yang terletak di Jalan Palasari, Pasar Lodaya, Kota Bandung ini terdapat puluhan kios buku yang menyediakan berbagai macam buku baru dan bekas. Mulai dari buku pejaran tinggat SD sampai universitas. Selain itu, di sini juga menjual buku-buku langka, novel, majalah, komik, ensiklopedia dan agama.

Sejumlah kios berderet di tepi Jalan Palasari, ditambah puluhan kios yang berada di dua lorong di dalamnya. Harga buku di sini terbilang miring. Tak jarang, sejumlah kios memberikan diskon hingga 30%, sehingga Pasar Buku Palasari bisa menjadi pilihan untuk membeli buku dalam jumlah banyak.

Bursa Buku Dewi Sartika

desat

Berlokasi tak jauh dari Alun-alun Bandung terdapat bursa buku murah, tepatnya di Jalan Dewi Sartika. Dari siang hingga sore hari, pelataran trotoar di kawasan ini disulap menjadi lapakan para penjual buku. Di sebagian jalan terdapat pula beberapa kios buku. Bursa Buku Destik (Dewi Sartika) sudah ada sejak 1980’an.

Di sini banyak buku bekas yang dijual, di antaranya komik, majalah, novel, buku pelajaran dan buku lainnya. Harganya pun bervariasi, tergantung mutu bukunya. Kabarnya, bursa buku ini juga menjadi salah satu tempat berburunya para kolektor. Jangan khawatir, di sini Anda juga bisa menawar harga buku yang dijual.

Jalan Cikapundung

ckpndg

Jika Anda tak menemukan buku yang dicari di Bursa Buku Destik, coba mampir ke lapakan buku di Cikapundung Barat, dekat gedung ikonik Asia Afrika, tepatnya samping gedung PLN. Biasanya para pedangan mulai melapak dari jam 8 pagi sampai 6 sore. Sama seperti Bursa Buku Destik, beragam buku bekas banyak Anda temukan di sini. Tak jarang, para penjual di sini mulai menawarkan buku baru.

Kios Buku Tjihapit

chpt

Meski pun tampak kecil, kios buku yang berada dekat perempatan Jalan Cihapit dan Jalan Riau (Martadinata) cukup banyak menjual buku bekas antik. Kios ini adalah satu-satunya dari deretan toko buku bekas yang tersisa di Jalan Cihapit. Tak jarang, beberapa anak muda masih datang ke kios ini. Buku-buku karya Pramoedya Ananta Toer dan Soekarno masih banyak dicari pelanggan Pak Bagia pemilik kios. Coba saja datang ke kios ini, barangkali ada buku antik yang Anda cari.

Balubur Town Square (Baltos)

blts

Bursa buku yang satu ini terletak di pusat pembelanjaan, Balubur Town Square (Baltos), Jalan Taman Sari (sebelum jalan layang Pasupati). Di lantai dasar 2 (di bawah eskalator) ada dua gerai yang menjual sejumlah buku, seperti buku sastra, filsafat, sejarah, biografi, komik, majalah dan buku lainnya. Di sini selalu ada obral buku, mulai dari Rp.10.000 – Rp.30.000 sesuai dengan kondisi dan jenis buku.

blts2

Sedangkan di lantai paling atas (dekat game center) terdapat toko buku yang menyediakan ragam buku impor berbahas Inggris. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari Rp.15.000,-sampai Rp.115.000. Harga dicirikan dengan tanda warna yang melekat pada sampul buku.

Categories: Ngebandung

Tagged as: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.