Ini Faktanya! Anak Muda Lebih Rentan Mengalami Kesepian Ketimbang Orang Tua

photo-1473830394358-91588751b241

Foto: Noah Silliman/unsplash.com

Hampir semua orang pasti pernah merasa kesepian, termasuk Anda! Ayo, ngaku? Bahkan jika Anda memiliki segudang kesibukan dan dikelilingin banyak orang setiap hari, tak menutup kemungkinan Anda tetap bisa merasa kesepian.

Kenapa anak muda lebih sering merasa kesepian?

Sering ada stereotip bahwa kesepian terutama menyerang orang yang lebih tua dan terisolasi. Dalam “Loneliness Experiment” dari BBC menyebutkan bahwa tingkat kesepian banyak dialami anak muda.

Disebutkan, 40% dari anak muda 16 hingga 24 tahun yang menjadi objek, mereka mengaku sering merasa kesepian dibandingkan dengan golongan yang lebih sepuh, 75 tahun ke atas hanya 27%.

Momen Kebebasan Baru

Mungkin usia 16-24 itu adalah momen ‘kebebasan baru’ untuk bersenang-senang, setelah lulus dari pendidikan formal dan memiliki kendali lebih besar atas kehidupan sendiri. Momen pindah rumah, pekerjaan baru, dan menghadapi berbagai pilihan penting tanpa ada lagi teman yang dulu tumbuh bersama.

Ke mana mereka? Mereka berpencar, memulai hidup masing-masing. Bisa jadi mereka pun mengalami sepi yang sama. Pada saat inilah, anak muda akan berusaha mencari tahu siapa dirinya dan di mana mereka akan menempatkan diri.

Pengaruh individualisme

Sisi buruk dari sikap individualisme bisa menimbulkan sikap egois. Dalam hal ini kita jadi merasa tak butuh orang lain dalam melakukan kegiatan secara berkelompok, misalnya tugas kuliah. Nah, karena sifat egois ini yang bakalan bikin teman-teman menjauh. Dengan segera kita akan bertemu dengan kesepian. Jelas? Mana ada yang mau berteman dengan orang egois.

Ketergantungan Media Sosial

Menurut penelitian utama studi Melissa Hunt, milenial yang memiliki lebih dari satu akun media sosial berpotensi memiliki kebahagian yang lebih rendah. Memiliki banyak teman di media sosial tak berarti memiliki banyak teman di kehidupan nyata.

Media sosial memang memberikan perasaan seperti itu, tetapi Anda tak dapat apapun dari interaksi tanpa tatap muka. Banyak menghabiskan waktu di media sosial membuatmu kesulitan untuk bersosialisasi langsung denganteman sehingga muncul rasa kesepian dalam hidup Anda.

Categories: Love Life

Tagged as: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.