Yakin Mau Beralih ke E-Book? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

eb

Ilustrasi: Pinterest

Meskipun dari tahun ke tahun, perkembangan e-book memang tidak secepat buku fisik pada umumnya, buku elektronik seakan berpacu untuk mendapatkan porsi dengan buku cetak. Tapi, akankah e-book menggeser buku cetak?

            E-book memang menawarkan berbagai manfaat yang memudahkan kita menimba ilmu dan menambah wawasan. Buku elektronik adalah bagian dari gaya hidup modern yang didukung perangkat elektronik. Meski begitu, berikut kelebihan dan kekurangannya.

Kekurangan:

Perhatian pembaca jadi lebih terbagi-bagi

Membaca buku elektronik akan ada banyak pengalihan perhatian yang menarik dan sayang jika dilewatkan. Baik itu notifikasi pesan singkat dari jejaring sosial, atau iklan yang datang secara tiba-tiba. Tentu, hal ini bisa menghancurkan konsentrasi. Berbeda dengan buku teks, kita akan membaca tanpa ada ganggung, kecuali kalo lingkungan sekitar lagi berisik~

Mengganggu waktu tidur

Sebuah studi dari Hardvard University mengatakan membaca buku elektronik sebelum tidur mengganggu produksi hormon yang penting untuk tidur, yakni melatonin. Akibatnya akan membuat sulit tidur, susah mendapat tidur pulas, dan bangun tidak segar.

Butuh daya

Pastinya, membaca buku elektronik membutuhkan daya berupa listrik. E-book sangat tergantung pada listrik. Jika baterai gawai atau notebook lemah, mau tak mau Anda harus mengisi baterai agar bisa melanjutkan bacaan. Tentu hal ini akan menghambat aktivitas membaca.

Memengaruhi level stres dan mata akan lelah

Pengguna telepon genggam atau notebook di malam hari erat kaitannya dengan depresi dan level stres yang tinggi. Pancaran sinar handphone menyebabkan mata kita cenderung cepat lelah. Akibatnya proses membaca kita terganggu karena rasa kantung sering sekali muncul.

Rentan terkena virus

Tidak semua format e-book memiliki sekuriti yang baik. Misal format txt, sangat rentan terkena virus atau dijebol sekuritinya. Sedangkan PDF sudah memiliki sekuriti yang baik. Tetapi secanggih apapun format sekuriti e-book, karena digital, e-book tetap bisa dibongkar terutama oleh para hacker.

Kelebihan:

Lebih murah

Harga buku elektronik lebih murah daripada buku biasa atau konvensional. Hal ini merupakan salah satu alasan terbesar yang membuat orang lebih memilih e-book daripada buku biasa.

Mudah dibawa

E-book memiliki ukuran yang relatih kecil dan mudah dibawa. Kita dapat dengan mudah membawa beribu-ribu e-book hanya dalam flashdisk yang ukurannya mungkin hanya sekitar jari kita. Hal ini dikarenakan ukuran file e-book yang relatif kecil.

Memudahkan proses belajar dan mengajar

Dengan adanya e-book maka proses belajar dan mengajar menjadi lebih mudah. Pengajar bisa membuat materi pelajaran dalam bentuk e-book lalu mengirimkan kepada muridnya

Tidak mudah rusak

Buku digital bukan berupa kumpulan kertas yang sewaktu-waktu bisa rusak. E-book dapat bertaan lebih lama dengan cara disalin secara terus menerus ke media penyimpanan yang lebih baru.

Format e-book pada umumnya:

PDF (Portable Document Format)

EPUB (Electronic Publication)

MOBI (Format MobiPocket)

AZW (Amazon World)

KF8 (Format Kindle Fire dari Amazon)

PDB (Palm File Database)

HTML (Hyper Text Markup Language)

PRC (Palm Resource File)

CHM (Compressed HTML)

XHTML

XML

Categories: Technology

Tagged as: ,

1 reply

  1. Kalo gak punya duit kadang gue sih download e book, tapi gak semua buku yang dicari ada ebooknya. Paling jadi baca review buku di blog, kemaren2 nonton review buku di YouTube, enak juga sih mempersingkat waktu, dengan mahamin buku. Tapi, kekurangannya ya gak baca langsung kalo baca review doang, cuman jadi fokus ma isi rangkuman dari pereview, gak bisa bebas mahamin, kaya baca langsung dari sumbernya, buku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.