Japandi: Gaya Desain Hibrida Minimalis

japandi-living-1

Ilustrasi : Studio Revolution

“Japandi is clean and minimalist, but at the same time warm and cosy – and very beautiful”

Apa itu Japandi?

Istilah Japandi adalah perpaduan antara kata Jepang dan Skandinavia. Japandi merupakan nama desain yang memadukan dua gaya. Tak sulit untuk memahani desain yang satu ini: bersih, minimalis, hangat, nyaman dan indah. Setiap elemen ditempatkan dengan hati-hati dan memiliki tujuan sendiri untuk menciptakan ketenangan dan kelapangan ruangan.

Wabi-sabi adalah filosofi Jepang yang sudah ada sejak abad kelima belas. Tren ini muncul sebagai reaksi terhadap gaya dominan saat itu, yang sangat dipengaruhi oleh kemewahan dan penggunaan bahan langka.

Japandi dibangun di atas ungkapan Jepang “wabi-sabi”, yaitu tentang menemukan keindahan yang tidak sempurna dan tentang menghubungkan diri dengan bumi untuk menikmati dan menghargai kesenangan hidup yang sederhana dan kecil.

Menciptakan gaya interior Japandi:

  1. Palet
5

Ilustrasi: Le Klint

Palet warna yang hangat dan netral adalah latar belakang setiap interior gaya Japandi. Lebih daripada warna total putih Skandinavia, gaya ini memang bekerja pada warna alami seperti coklat dan krem. Abu-abu dan hitam juga cocok untuk menciptakan suasana hati yang lebih dramatis.

  1. Sederhana, fungsional dan efektif
4

Ilustrasi: heals

Konsep Japandi dideklarasikan agar setiap benda memiliki tujuannya sendiri, tidak ada ruang untuk hiasan tambahan dan dekorasi yang tidak berguna. Dekorasi dan aksesori juga minimal, sebagian besar dengan tanaman hias, kaca, buku dan keramik. Potongan aksen Skandinavia fokus pada kenyamanan. Mereka mengandalkan barang-barang seperti permadani mewah dan bantal-bantal yang melimpah.

  1. Pilih furnitur alami
1

Foto: digsdigs

Pilihlah furnitur dengan bahan-bahan sederhana dan alami tetapi dengan kualitas tinggi, seperti kayu. Aspek alami akan muncul dalam perpaduan antara kayu terang dan gelap dalam ruangan meliputi tekstur dan kontras.

Anda juga bisa menambahkan beberapa perlengapan tradisional Jepang, seperti wallpaper ‘urushi’ buatan tangan, kain shibori atau lamu kertas bertekstur.

  1. Tanaman hijau
2

Ilustrasi: soulshapes

Dekorasi Japandi paling banyak mengandalkan penggunaan tanaman indoor. Pilihlah tanaman tinggi dengan daun yang ramping, elegan dan bentuknya yang sederhana. Pastikan Anda juga memilih pot tanaman dengan baik dan cocok. Jadi pastikan untuk memasukkan beberapa tanaman ke dalam interior Japandi untuk membuat ruangan tampak lebih kohesif.

Categories: Home & Living

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.