Mau Liburan ke Bandung tapi Males Kena Macet? Simak Tips Berikut ini

IMG_0650

Ilustrasi Bandung macet

Kota Bandung baru saja dinobatkan sebagai salah satu kota termacet di Asia. Berdasarkan survei yang dilakukan ASIA Development Bandk (ADB) 2019, tertacat Kota Kembang sebagai kota termacet diurutan ke-14 mengalahkan Jakarta yang ada di urutan ke-17 dan Surabaya yang di urutan 20.

Menilik dari masalah infrastruktur pembangunan, saat ini di dua jalan layang sedang dikerjakan di Kota Bandung. Terbaru berupa pembangunan fly over di Jalan Laswi dan Jalan Jakarta. Namun apakah pembangunan jalan termasuk fly over bisa jadi solusi kemacematan lalu lintas kota Bandung?

Kemacetan merupakan suatu hal yang lazim ditemui di kota-kota besar di Indonesia. Tapi bagaimana jika kemacetan tersebut semakin menjadi parah? Tentu hal tersebut akan menjadi sebuah stigma negatif bagi kota tersebut. Terlebih jika Anda warga Bandung bahkan para wisatawan pasti akan merasa malas pergi keluar rumah.

 Namun jangan khawatir, Anda bisa coba beberapa tips berikut ini, guna menghindari macet di Kota Bandung.

Berangkat lebih pagi

Jika Anda merencanakan liburan ke suatu tempat wisata hits di Bandung, berangkatlah lebih pagi untuk menghindari kemacetan. Pagi menjadi waktu yang ideal karena jalanan masih sepi dan udara masih segar. Lebih baik Anda berangkat pagi daripada terjebak antrean kendaraan yang mengular di berbagai objek wisata di Kota Bandung, terutama jalan ke arah Lembang.

Menghindari jam padat kendaraan

Waktu jam pulang kantor adalah jam paling rawan macet saat hari kerja. Cara mudah untuk menghindari macet dengan berangkat lebih awal atau akhir dari jam padat kendaraan. Biasanya waktu berangkat dan pulang kantor sekitar pukul 07.00-09.30 (pagi) dan pukul 16.00-18.30 (sore). Nah, Anda harus pintar mencari waktu yang tepat agar tidak kejebak macet.

Gunakan kendaraan umum

Kendaraan umum atau transportasi online jadi pilihan fleksibel untuk menghindari kemacetan. Ditengah-tengah kemacetan, transportasi umum dan online bisa lebih praktis melewati jalan alternatif.

Rancang itinerary

Makin kamu sudah sering berkunjung ke Bandung, wajib hukumnya merancang itinerary agar tidak terjebak keramaian. Ada baiknya Anda tentukan destinasi di satu kawasan yang sama agar lebih efektif dan tidak buang-buang waktu di jalan.

Memilih hotel/penginapan yang strategis dekat dengan tempat wisata

Jika Anda warga luar Kota Bandung dan memang sengaja hendak berlibur di kota ini, ada baiknya memilih penginapan yang tak jauh dari tempat destinasi yang akan Anda kunjungi. Dengan memilih penginapan yang dekat dengan lokasi tujuan, Anda bisa menghemat waktu yang diperlukan. Selain itu Anda juga bisa menghemat biaya trasportasi selama berlibur, serta menghindari kemacetan yang berlebih.

Categories: Ngebandung

Tagged as: , , ,

1 reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.