Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Liburan Akhir Tahun

Kunci

Ilustrasi: phinemo

Meninggalkan rumah dalam keadaan kosong saat liburan akhir tahun sangat riskan. Selain risiko rawan pencuri, musibah seperti kebakaran pun wajib dihindari.

Kunci pintu dan jendela

Sebelum meninggalkan rumah pastikan semua pintu dan jendela sudah tertutup dan terkunci rapat.

Nyalakan lampu rumah di beberapa bagian

Cukup nyalakan lampu di beberap titik saja, agar rumah tidak terlihat terlalu gelap di malam hari dan terkesan berpenuhi. Bila perlu gunakan lampu LED otomatis yang menyala pada sore hari dan mati di pagi hari.

Alarm dan CCTV

Jika punya dana lebih, tak ada salahnya memasang alarm atau CCTV. Pasang di titik strategis, seperti; halaman, kamar, dan ruang tengah.

Cabut colokan kabel listrik dan regulator tabung gas

Upaya melepaskan colokan kabel dari lubang stop kontak akan mengantisipasi terjadinya hubungan pendek arus listrik dan konsleting. Dan copot regulator tabung gas, agar gas di dalamnya tidak mudah ke luar.

Amankan barang berharga

Pastikan barang-barang berharga yang ada di rumah tersimpan dengan aman. Jangan simpan barang di lemari. Sebaiknya titipkan barang berharga kepada orang kepercayaan, bank, atau rumah pegadaian.

Menitipkan rumah kepada orang kepercayaan

Jika ingin lebih aman, Anda bisa menitipkan rumah kepada keluarga, tetangga, atau pihak keamanan di lingkungan rumah. Ingat, orang yang bisa dipercaya.

Perhatikan media sosial

Coba untuk mengontrol media sosial Anda. Hindari mengunggah foto-foto di akun media sosial saat bepergian dalam waktu lama. Atau Anda bisa mengubah akun media sosial ke mode privat. Tak menutup kemungkinan, bisa jadi di luar sana ada orang yang mengincar rumah Anda selama ini.

Titipkan hewan peliharaan

Selama bepergian, ada baiknya titipkan hewan peliharaan ke tempat penitipan atau orang yang dapat dipercaya, agar tetap sehat dan terawat.

Laporan sebelum pergi

Barangkali hal ini masih kurang dianggap penting. Sebelum meninggalkan rumah, coba laporkan kepergian Anda kepada ketua RT/RW serta tetangga terdekat. Berikan nomor telepon yang bisa dihubungi jika terjadi hal darurat.

Sumber: rumahhokie.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.