Langkah Mudah Membuat Ruang Kerja di Rumah

MAY-BLOG-2019-835x467

Ilustrasi: theschirmfirm

Selain banyak memberikan fleksibilitas, bekerja di rumah juga mempermudah Anda membagi waktu antara aktivitas satu dan lainnya. Namun, jangan sampai ruang kerja Anda terlihat membosankan hingga suasana menjadi tak produktif. Meskipun hanya berada di ruangan kecil dalam rumah, Anda tetap bisa mengakalinya, agar tercipta kenyamanan untuk mendukung aktivitas bekerja.

Tentukan posisi

Pengaturan posisi sangat diperlukan bagi seseorang yang membutuhkan fokus atau privasi. Upayakan area kerja bersifat permanen, dan bisa dengan mudah diidentifikasi sebagai tempat bekerja. Pastikan sudut atau area dekat dengan arus listrik, sumber cahaya alami (jika memungkinkan), terjauh dari kebisingan (bila dibutuhkan). Namun, cara terbaik memilih tempat paling ideal untuk ruang kerja di rumah adalah menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Buat desain ruangan

Setelah menemukan area yang cocok, langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah membuat desain ruang kerja. Hal lain yang menyenangkan dari memiliki sebuah ruang kerja pribadi adalah Anda bisa mendesain sendiri. Anda bisa memilih sebuah tema khusus yang disukai, memilih warna cat dan furnitur sesuai tema.

Pilih furnitur dan aksesori yang sesuai

Setelah mendapatkan posisi dan mendesain agar  nyaman, saatnya Anda mengisi ruang kerja dengan furnitur. Jika ruang kerja minimalis, pilih beberapa furnitur yang hanya dibutuhkan saja, seperti meja kerja, kursi kerja dan rak penyimpanan. Anda juga bisa menambahkan aksesori, seperti lukisan, foto keluarga, karpet hingga tanaman hias. Beberapa tanaman hias bisa diletakkan disudut ruangan atau meja kerja, seperti terrarium atau kaktus mini.

Tata ruangan senyaman mungkin

Ciptakan ruang kerja yang membuat Anda senang dan betah bekerja di rumah. Salah satu faktor yang mendukung kenyamanan kerja adalah terletak pada pemilhan kursi dan pengaturan meja. Pilihlah kursi yang membuat duduk Anda nyaman, apalagi jika pekerjaan mengharuskan Anda duduk berjam-jam di depan komputer. Sesuaikan tinggi meja dan kursi. Serta jaga kebersihan, pasalnya, ruang kerja yang kotor dan berantakan biasanya membuat suasana kerja menjadi kurang kondusif.

Tidak ada batasan dalam merancang ruang kerja di rumah. Maka desainlah secara fungsional dengan ciri khas gaya sendiri agar menjadi ruang yang senyaman mungkin untuk mendukung kinerja Anda.

(adm)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.