Yee Sang, Menu Wajib saat Tahun Baru Imlek

cny-yee-sang

Foto: Istimewa

Bagi sebagian masyarakat Tionghoa di Indonesia, mungkin sudah tak asing lagi dengan makanan bernama Yee Sang. Ya, makanan ini menjadi menu yang tak boleh absen dari meja makan saat perayaan Tahun Baru Imlek, apalagi jika momen ini dirayakan bersama keluarga. Kemeriahan Imlek diwarnai dengan tradisi bersulang dengan Yee Sang.

Apa itu Yee Sang?

Yee Sang atau Yusheng merupakan masakan Tiochiu berupa salad ikan segar yang ditambah irisan halus sayuran seperti wortel, timun, lobak sampai jahe. Warna-warni makanan pun terasa sangat meriah saat dihidangkan dalam sebuah piring besar.

Dalam bahasa Cina, Yee Sang memiliki dua artian yaitu Yee berarti ikan dan Sang berarti mentah. Makanan berupa salad ini melambangkan sumber kemakmuran, banyak yang berpendapat bahwa Yee Sang juga merupakan makanan penuh rezeki. Konon, tradisi menyantap Yee Sang biasa dilakukan para keturunan Tionghoa peranakan.

Yee Sang sangat terkenal terkenal di Singapura, Malaysia dan Indonesia sebagai menu hidangan tradisi yang disajikan pada malam Tahun Baru Cina.

Sebelum menyantap hidangan ini bersama keluarga, biasanya dibarengi dengan doa khusus. Kemudian semua orang yang membacakan doa berdiri mengitari meja sambil memegang sumpit, lalu mengaduk bahan makanan dan mengangkat setinggi-tingginya. Dalam mengaduk makan ini memiliki arti; semakin tinggi mengangkatnya dipercaya keberuntungan dan kemakmuran, senantiasa mengikuti di tahun depan.

Agar tidak terbuang sia-sia, maka mereka mencampurkan semua bahan makanannya menjadi satu dengan menambahkan beberapa bumbu seperti minyak jagung, jahe dan bumbu lain untuk penambah rasa.

RESEP

Cara membuat sajian khas Imlek Yee Sang

 Bahan-bahan:

10 potong ikan salmon sashimi

10 potong ikan tuna sashimi

1 bengkuang, dipotong kecil-kecil

2 wortel, diparut halus

1 buah lobak putih, diparut

1 buah lobak merah, diparut

1 buah lobak ungu, diparut

2 buah timun, diparut

10 kulit pangsit, digoreng

1 jeruk bali sedang, potong kecil-kecil

80 gram acar jahe merah, dipotong tipis-tipis

1 buah mangga, dipotong kecil-kecil

75 gram kacang panggang, cincang kasar

3 daun bawang, cincang

Biji wijen

Bumbu ngohiong

Kayumanis bubuk

Sechuan pepper

Bahan saus:

Saus plum

Minyak wijen

Jeruk nipis peras

Air matang

Cara membuat: Tuangkan 4 sendok saus plum, campurkan 1 sendok teh minyak wijen, masukan 1 ½  sendok teh jeruk nipis peras dan air secukupnya. Lalu aduk hingga saus tidak terlalu kental.

 Cara penyajian:

  1. Pisahkan semua bahan pada bagian-bagian tertentu di piring penyajian besar. Susun semua bahan secantik mungkin. Taburi biji wijen panggang dan juga kacang yang telah digiling kasar di atas hidangan.
  2. Setelah tersusun cantik, taburi bumbu ngohiong, kayumanis bubuk, sechuan pepper, oliver oil dan biji wijen.
  3. Untuk menghidangkan; tuangkan saus yang sudah dibuat tadi ke atas salad. Dan jangan lupa beritahu semua keluarga/tamu Anda untuk terus mengaduk semua bahan yang sudah disajikan dan mengangkatnya tinggi-tinggi dengan sumpit, dan memanjatkan doa.

(Windy)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.