Sebelum Beli Buku, Kamu juga Wajib Tahu Cara Merawatnya

books-3433401_960_720

Ilustrasi by Pixabay

Buku adalah jembatan ilmu yang disukai banyak orang. Karenanya perlu merawat agar tidak mudah rusak dimakan usia. Sayang sekali jika buku dibiarkan berserakatan atau dibiarkan begitu saja. Apalagi kalau sampai digerogoti rayap. Bayangkan jika kamu memiliki koleksi buku super lengkap dan dibaca banyak orang.

Tak seperti masalah rayap yang bisa kita cegah, proses oksidasi pada kertas sebenarnya normal dan bakal terjadi seiring berjalannya waktu. Masalahnya, kamu tidak mungkin bisa melakukan semua itu tanpa melakukan perawatan buku. Tapi tak apa – karena merawatnya sangat mudah dan murah. Berikut ini cara merawat buku:

Berikan Sampul

Tips menyampul buku memang terkesan pada buku pelajaran anak-anak yang sering sekali teledor menyimpannya. Tapi sebenarnya tips ini sangat cocok untuk melindungi buku dari oksigen yang membuat buku menjadi berwarna kuning.

Simpan buku di rak

Tips ini memang membutuhkan uang untuk membeli rak buku. Tapi, ada langkah kreatif yang justru tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyimpan dan merawat buku. Yaitu dengan membuat rak dari barang bekas. Tips menyimpan buku di rak ini memudahkan kalian merawat buku dan menyimpannya agar tidak sulit untuk dicari.

Menyusun buku dengan cara berdiri

Nah kali ini buku memang harus di simpang dalam rak dengan posisi berdiri. Bukan hanya memudahkan untuk dicari akan tetapi merawat buku agar tidak terlipat yang mengakibatkan buku sobek.

Bersihkan buku

Tips selanjutnya membersihkan buku dari debu yang menempel. Hal ini bertujuan agar buku tidak cepat rusak karena kotor dan mengundang serangga untuk memakan buku-buku kotor. Sayang sekali ya jika buku bagus dan mahal tapi tidak dibersihkan dan akhirnya rusak.

Jauhkan dari dinding

Jika buku lebih dekat dengan dinding akan memudahkan rayap menghampiri buku. Tapi ada solusi agar buku jauh dari dinding. Yaitu dengan menyimpannya di rak buku kemudian menjadi pembatas ruangan. Bukan hanya jadi furniture ruangan tapi juga jadi hiasan ruangan.

Jangan mencapuri buku dengan buku yang sudah terkena rayap

Hal tersebut memudahkan rayap untuk menyerang buku lainnya. Segera jauhkan buku tersebut agar infeksi tidak menular ke buku lain.

(Devi)

Categories: Article

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.