Mengenang Masa Lalu Ternyata Punya Manfaatnya, Loh

0_Tk0wjKEAcArSmSpl

Ilustrasi: itsyourturnblog.com

Setiap orang pasti punya kenangan. Masa lalu memang waktu yang telah berlalu dan tidak mungkin berubah sekeras apapun usaha yang kita lakukan saat ini. Namun, saat jiwa tengah gundah gulana, mengingat berbagai peristiwa indah dan menyenangkan di masa lalu, akan bisa menjadi terapi tersendiri. Ternyata dari sebuah kenangan tidak hanya membawa memorimu ke masa lalu, tapi juga memiliki dampak positif bagi dirimu sekarang.

Menghadirkan suasana hati yang baik

Mengingat kenangan dapat memberikan contoh situasi serupa yang pernah dialami sebelumnya. Ketika merasa sedih, kita dapat mengingat hal-hal positif untuk memperbaiki suasana hati.

Membuat hidup terasa lebih berarti

Mengingat kenangan peristiwa dalam hidup membuat kita lebih mensyukuri dan menyadari bahwa hidup ini berarti. Kebaikan kecilmu di masa lalu mungkin akan besar manfaatnya untuk orang lain, dengan itu kamu akan merasa bahwa hidupmu sangat berarti untuk orang lain dan juga dirimu sendiri. Mengingat berbagai peristiwa indah dan menyenangkan dalam kehidupan, bisa membuat kita lebih menyadari betapa bermakna hidup ini.

Belajar dari sebuah kesalahan

Semua orang pasti pernah membuat kesalahan, ketika kamu mengingat hal itu di masa sekarang kamu akan menghindari kesalahan itu agar sesuatu hal buruk yang pernah kamu alami tidak akan terulang kembali.

Membantu bersosialisasi

Kenangan menjadi penting dalam interaksi sosial. Kenangan masa lalu dapat menjadi sumber interaksi ketika bertemu seseorang yang terjalin. Misalnya ketika bertemu teman masa kecil, pengalaman di masa remaja. Kenangan asyik ini membuat semua orang mudah tersambung kembali setelah lama terpisah, dalam grup-grup alumni. Sering mengingat kenangan indah bersama orang lain di masa lalu biasanya merasa lebih dihargai. Sehingga akan membuat kita saling menghargai.

Membuat masa depan lebih cerah

Peristiwa yang pernah dialami akan membuat seseorang merasa lebih optimis untuk meraih masa depan. Khususnya dalam waktu yang sulit, merefleksikan dan mengingat kembali masa yang indah dan senang mengingatkan kita bahwa sesuatu yang baik masih mungkin terjadi di masa mendatang.

Nafal Awalya

 

 

Categories: Health

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.