Tampak Unfaedah? Melamun Justru Berfaedah Bagi Kesehatan Otak

istock-627558330

Ilustrasi gambar: istock

Pasti kita semua pernah melamun dan telah dilakukan banyak studi tentang kegiatan melamun. Faktanya, kita menghabiskan 30%-50% waktu terjaga kita untuk melamun. Jangan salah, meskipun melamun seringkali dianggap sebagai kegiatan yang negatif dan kurang bermanfaat, nyatanya melamun memiliki manfaat yang tidak sedikit loh. Apa saja sih manfaat dari melamun?

Menurunkan Stres dan Tekanan Darah

Melamun merupakan bentuk hipnosis yang dapat menurunkan stress dan tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan karena ketika kita melamun, tubuh kita sedang mempersiapkan diri untuk melakukan aktivitas yang akan kita hadapi atau lakukan.

Meningkatkan Kreativitas

Katanya, orang yang selalu melamun memiliki kretivitas yang lebih tinggi. Itu sebenarnya bukan sekedar mitos loh. Beberapa penelitian membuktikan bahwa melamun memiliki keterkaitan dengan kreativitas seseorang. Melamun berhubungan dengan kegiatan “berpura-pura” yang biasa dilakukan oleh anak-anak. Ketika kita melamun, pikiran kita dapat menjelajah ke berbagai bagian otak dan menghubungkan berbagai informasi yang ada. Hasil dari kegiatan ini adalah ide-ide kreatif. Bahkan, melamun dapat memberi stimulant pada kinerja seseorang. Kita dapat menjadi lebih fokus.

Melatih Otak

Seseorang yang melamun selalu identik dengan pikiran yang kosong. Berbeda dengan apa yang terlihat, ketika seseorang melamun, beberapa fungsi otak bekerja lebih keras.

Meningkatkan Kerja Memori

Memori berfungsi untuk mengumpan dan mengingat informasi. Bahkan, penelitian yang dilakukan oleh Max Plank Institute for Human Cognitive and Brain dan University of Winconsin menyatakan bahwa ada hubungan antara melamun dan memori tingkat tinggi. Dalam penelitian itu, peserta yang melamun dapat mengingat informasi dengan mudah dan memiliki tingkat kerja memori yang tinggi.

Membantu Menyelesaikan Masalah

Pada saat kita melamun, maka penyelesaian masalah otak akan menjadi sangat kompleks. Jadi, kita bisa melamun sejenak karena kita bisa menjadi leboh fokus dalam mengambil suatu keputusan.

Meningkatkan Empati

Melamun dapat membantu kita dalam merenung tentang apa yang dipikirkan orang lain. Bahkan, hal ini bisa membuat kita memandang sesuatu dari perspektif yang berbeda.

*Disadur dari berbagai sumber

Belda

Categories: Health

Tagged as: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.