Tips Menumbuhkan Minat Baca Si Kecil di Era Digital

evening family reading. father reads children . book before going to bed

Photo by iStock

Era digital semakin berkembang. Selain itu, teknologi, informasi, dan komunikasi semakin maju. Hal ini seringkali berpengaruh kepada penurunan minat membaca anak karena teknologi telah sukses menarik perhatian anak. Bahkan, hal ini membuat aktivitas mereka terkonsentrasi dalam pemanfaatan teknologi yang ada.

Misalnya, di perkotaan banyak anak yang sering bermain Playstation sampai menjadi pengguna aktif internet, sedangkan minat membaca mereka masih terbilang minim. Padahal membaca adalah hal yang penting karena dapat memperluas pandangan dan wawasan anak. Nah, apa saja kiat-kiat untuk meningkatkan minat membaca anak di era digital?

Membacakan cerita kepada anak setiap hari

92044_mulailah-terbiasa-mendongeng-untuk-anak-sebelum-tidur-ternyata-manfaatnya-banyak-loh

Photo by Amanda Hanaria

Membacakan buku cerita kepada anak dapat meningkatkan kosa kata, wawasan, dan dapat membuat anak tertarik kepada buku. Contohnya seperti membacakan cerita pada anak sebelum mereka tidur. Semakin banyak cerita yang anak dengar dan baca, maka hal ini dapat berpengaruh baik bagi minat membaca anak. Selain itu, semakin sering kegiatan ini dilakukan, maka anak menjadi lebih terbiasa dengan buku dan kegiatan membaca dapat menjadi suatu kebiasaan baru yang menyenangkan baginya.

Beri dan kelilingi anak dengan bahan bacaan

c5909b72-b5ea-4d63-9b95-36190a7e3cf3

Photo by Bustle

Sumber bacaan yang sesuai dengan usia anak dapat berpengaruh kepada performa akademis anak. Hal ini dapat meningkatkan kebiasaan membaca anak. Menyediakan buku-buku yang menarik dapat membuat anak lebih semangat membaca.

Membuat ruang membaca anak

3f2aa0e6f876c392132590b3be30557f

Photo by Pinterest

Menciptakan lingkungan yang “ramah membaca” untuk anak merupakan hal yang sangat penting. Ruang membaca dengan penerangan yang cukup, tempat duduk yang nyaman, dan sunyi tanpa gangguan suara dapat mendukung konsentrasi anak dalam membaca buku.

Manfaatkan gawai/tablet

child-reading-ebook

Photo by Machin

Selain hal negatif, gawai/tablet juga memiliki dampak positif bagi anak. Banyak aplikasi yang dapat membuat anak lebih tertarik membaca seperti Newsomatic atau Epic! Bahkan, sekarang sudah banyak e-book yang bisa diunduh dan Anda bisa membiarkan anak membaca melalui gadget/tablet.

Ajak anak ke perpustakaan

ows_138145994836530

Photo by Startribune

Sesekali cobalah Anda ajak anak ke perpustakaan umum. Apabila anak sudah cukup besar, mereka dapat membuat kartu keanggotaan perpustakaan untuk lebih menghemat uang. Hal ini dapat membuat anak semakin semangat membaca buku. Apalagi ada banyak pilihan buku di perpustakaan umum yang tidak akan membuat anak bosan.

Belda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.