Pengen Jadi Make Up Artist? Perhatikan Dulu Hal ini!

professional-woman-making-up-girl-s-lips_23-2148210744

Photo by Freepik

Make-up bisa dikatakan seperti sebuah bidang studi. Siapapun bisa mempelajarinya, dan banyak yang mengajarinya. Contohnya, saat ini semakin banyak beauty blogger yang rajin mendemokan rahasia di balik kesempurnaan tampilan wajah mereka. Profesi sebagai make-up artist (MUA) pun banyak digemari. Bukan hanya dikalangan perempuan, laki-laki pun ada lho yang hobi make-up.

Berangkat dari hobi, jadi MUA dengan jam tebang yang banyak juga bisa meraup keuntungan banyak, lho. Buat kamu yang hobi make up dan niat jadi MUA perhatikan dulu hal-hal berikut ini yuk!

Menyiapkan alat make-up

Perlengkapan makeup artist itu enggak cuma 1 atau 2 produk, tapi banyak. Jadi kamu harus sabar mengumpulkannya. Mulailah dengan produk-produk yang murah tapi berkualitas. Tidak perlu yang mahal, karena kamu lebih memerlukan skill meriasmu dari pada produk yang mahal.

Kemampuan dan kesabaran untuk belajar tentu sudah wajib. Tapi kamu juga perlu foundation, blush on, lip product, eyeliner, maskara, countour, highlighter, dan bedak. Usahakan produk-produk tersebut tersedia dengan berbagai shade dan warna. Karena bentuk, warna dan jenis kulit klienmu juga akan berbeda-beda. Selain itu kamu juga memerlukan brush dan aplikator makeup lainya dengan ukuran yang berbeda untuk mengaplikasikan make-up-nya.

Merias wajah sendiri

Media pertama yang jadi bahan riasanmu adalah wajamu sendiri. Cobalah mengaplikasikan berbagai jenis make-up dengan gaya berbeda dengan teknik make-up yang beragam. Kemudian jangan ragu untuk memposting hasilnya di media sosial untuk mendapatnya koreksi dari yang melihat, sekaligus untuk branding awal hasil make up dirimu.

Merias wajah teman

Cobalah rias wajah temanmu dengan tidak menggunakan tarif. Hal agar kamu bisa belajar wajah dengan bentuk dan jenis kulit yang berbeda dari dirimu. Dari sini kamu akan belajar mengenali bentuk wajah orang lain, karna klienmu akan bermacam-macam jenis wajahnya. Jika hasil makeupmu bagus, temanmu tentu akan mempromosikannya juga kepada temannya yang lain. Maka kamu akan semakin dikenal.

Update perkembangan tren make-up

Ketika sudah diniatkan menjadi MUA, sebaiknya rajin juga mengikuti tren make-up yang sedang berkembang. Kamu bisa menggunakan media YouTube dengan menonton makeup tutorial beauty vlogger yang profesional.

Mempunyai ciri khas

Semakin hari, semakin banyak sainganmu di dunia MUA. Maka agar kamu tetap dikenal kamu haruslah mempunyai ciri khas. Dengan begitu, orang lain akan mudah untuk mengingatmu.

Rajin unggah portofolio

Untuk menjaga eksistensimu, kamu harus rajin menmposting hasil make-up-mu. Bisa menggunakan media sosial sebagai sarananya. Kemudian, tambahkan juga bebagai macam tagar make-up agar kamu mudah dicari. Dengan begitu calon klienmu akan melihat hasil make-up-mu terlebih dahulu dan bisa dijadikan bayangan make-up yang seperti apa yang mereka inginkan.

Jadi, sudah siap untuk menjadi MUA?

Nafal Awalya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.