Yuk, Kenali Jenis-jenis Perundungan dan Cara Mengatasinya

woman-depressed-concept_115990-59

Freepik

Kasus perundungan atau bullying di Malang menyita perhatian masyarakat. MS, seorang siswa SMPN 16 Kota Malang, Jawa Timur mengalami luka serius yang menyebabkan jari tengahnya harus diamputasi karena lukanya yang semakin parah. Kasus perundungan ini terjadi pada minggu kedua Januari 2020. MS diangkat, dijatuhkan, diduduki, dan diinjak tangannya oleh para pelaku yang berjumlah 7 orang. Miris.

Perundungan merupakan perilaku yang dilakukan untuk menyakiti psikologis atau fisik. Perundungan dilakukan oleh sekelompok atau perorangan. Para pem-bully biasanya merasa bahwa mereka lebih kuat dari korban. Mirisnya, fenomena ini bisa dialami oleh anak-anak hingga orang tua. Tapi tahukah kamu bahwa ada beberapa macam perundungan?

Perundungan verbal

Penindasan jenis ini seringkali dilakukan secara tidak sadar. Para pelaku biasanya melakukan intimidasi kepada korban mereka seperti mencela, menghina, atau bahkan bisa dalam bentuk gossip, terror, dan fitnah.

Perundungan fisik

Jenis penindasan ini terjadi saat ada kontak fisik antara pelaku dengan korban, langsung atau tidak langsung. Contoh dari tindakan ini yaitu memukul, mencekik, meludahi, dan lain-lain. Biasanya pelaku adalah orang yang bermasalah.

Perundungan pengucilan

Ini merupakan bentuk penindasan yang jarang terlihat. Hal ini dilakukan sebagai pelemahan harga diri seseorang dengan mengucilkan, memberi pandangan sinis, sampai tertawa mengejek.

Cyberbullying

Zaman semakin maju dan teknologi semakin maju dengan pesat. Penindasan ini biasanya berupa penyebaran gambar-gambar atau kata-kata yang merendahkan atau tidak senonok.


Parah sekali ‘kan tindakan perundungan ini? Nah, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi fenomena bullying?

Komunikasikan dengan baik

Ketika temanmu atau saudaramu mengalami perubahan sikap, tanyakanlah dengan lembut dan jangan terlalu to-the-point karena hal ini dapat menekan psikologis korban. Ajaklah berkomunikasi dengan baik agar korban merasa nyaman.

Mencari Informasi

Seseorang yang mengalami penindasan pasti akan melakukan atau bercerita pada orang yang akan membuatnya lega. Cobalah untuk mendekati korban dengan perlahan. Dekatkan diri kamu dengan korban.

Hubungi Pihak Sekolah

Cara ini dapat dilakukan oleh orang tua yang anaknya menjadi korban. Orang tua dapat menghubungi sekolah  Tanyakan kegiatan dan perkembangan anak kepada pihak sekolah dan diskusikan masalah anak dengan guru yang bersangkutan untuk mencari jalan keluar terbaik.

Menghubungi Orang Tua Pelaku

Hal ini juga bisa dilakukan oleh orang tua. Tujuannya untuk menyadarkan pelaku kalau apa yang dilakukan mereka adalah tindakan yang tidak baik dan salah.

Meminta Bantuan Ahli

Mengatasi bullying memang bukanlah hal yang sederhana. Jika korban semakin down maka bantuan ahli sangat diperlukan. Hal ini guna menyelamatkan mental korban yang semakin memburuk.

Belda

Categories: Health

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.