Kamu Penggemar Sastra Jepang? Wajib Tahu 6 Penulis Kenamaan Jepang Ini

murakamii

Photo: Shin Randuk (Flickr)

Kamu menyukai sastra? Pasti kamu juga senang membaca novel. Ada banyak penulis hebat di dunia ini, salah satunya terdapat di Jepang. Jepang memiliki banyak penulis novel dengan karya-karya yang hebat dan berkualitas. Novel Jepang begitu menarik karena menyajikan kisah yang berbeda, salah satunya dalam segi kebudayaan. Akan tetapi, tahukah kamu siapa saja penulis novel kenamaan Jepang yang telah menulis karya-karya hebat?

Yasunari Kawabata

Kawabata-Yasunari-1968

Photo: Britannica

Yasunari Kawabata merupakan seorang novelis Jepang yang memenangkan Penghargaan Nobel dalam bidang sastra pada 1968. Beliau lahir di Osaka pada 14 Juni 1899. Kawabata merupakan penilis yang samgat aktif. Bahkan pada saat beliau masih menjadi mahasiswa, majalah sastra Shin-shichō (Arus Pemikiran Baru) yang telah mati selama kurang lebih 4 tahun menjadi aktif kembali. Karya-karyanya mendapat pengakuan tak lama setelah Kawabata lulus dari universitas. Beliau semakin terkenal berkat cerpen Izu no Odoriko (Gadis Penari dari Izu). Karya-karya lainnya di antara lain Yukiguni (Negeri Salju), Yama no Oto (Suara Gunung), Nemureru Bijo (Rumah Gadis-Gadis Penidur), dan masih banyak lagi karyanya yang sangat berkualitas.

Haruki Murakami

murakami

Photo: Nathan Bajar / NYT / Redux

Haruki Murakami lahir di Kyoto pada 12 Januari 1949 dan terkenal karena karya-karya yang ditulisnya begitu realis tapi penuh dengan magis. Lewat karyanya, kita ditarik oleh ceritanya untuk memahami sekaligus mengeksplor identitas seorang manusia. Yang membuat karya-karyanya semakin menarik adalah tokohnya kerap mengalami perjalanan kea lam bawah sadar, ataubahkan tanah kematian! Karya-karyanya yang patut kamu baca diantaranya adalah A Wild Sheep Chase (An Adventure Concerning Sheep), The Wind-Up Chronicle, Hard-Boiled Wonderland and the End of the World, sampai yang paling menarik seperti Kafka On the Shore.

Kenzaburō Ōe

000000

Photo: blubberisland.wordpress.com

Kenzaburō Ōe merupakan tokoh besar dalam bidang sastra Jepang modern yang lahir pada 31 Januari 1935. Karya-karyanya sarat dengan isu –isu politis, filosofis, dan sosial. Bahkan, beliau mendapatkan penghargaan Nobel pada bidang sastra di tahun 1994. Karya-karyanya banyak diterjemahkan ke Bahasa Inggris seperti A Personal Matter, Prize Stock, sampai The Silent Cry.

Kyōichi Katayama

AVT_Kyoichi-Katayama_1680

Photo: Hatatsu

Pria yang lahir di Prefektur Ehime, Jepang ini lahir pada 5 Januari 1959. Penulis lulusan Kyushu University ini banyak menulis buku yang hebat seperti Socrates in Love yang telah dibuat versi manga, film, dan drama. Selain itu, Katayama juga menulis buku Moshimo Watashi ga, Soko ni Irunaraba(If I were There) dan masih banyak lagi.

Ryūnosuke Akutagawa

Akutagawa_Ryūnosuke (1)

Photo: Wikipedia

Apakah kamu pernah mendengar cerita tentang Rashōmon? Nah, cerita yang terkenal ini ditulis oleh Ryūnosuke Akutagawa dan sudah dibuat versi filmnya dengan judul yang sama Beliau terkenal sebagai ahlinya menulis cerita pendek. Beliau lahir pada 1 Maret 1892 di Tokyo. Karya-karya hebat lainnya yang beliau tulis diantaranya In a Grove, Hell Screen, Kappa, dan lainnya.

Kazuo Ishiguro

0000000

Photo: Rick Eglinton / Toronto Star via Getty Images

Sir Kazuo Ishiguro OBE FRSA FRSL merupakan penulis cerita pendek, novelis, dan penulis skenario yang lahir di Nagasaki Jepang pada 8 November 1954 dan beliau pindah ke Inggris pada tahun 1960. Ada banyak sekali penghargaan yang telah diraih oleh beliau seperti Order of British Empire dari kerajaan Inggris pada tahun 1995, sampai yang paling hebat adalah penghargaan Nobel pada tahun 2017. Karya-karyanya begitu menarik seperti Never Let Me Go yang disebut-sebut sebagai salah satu novel terbaik berbahasa Inggris yang diterbitkan antara tahun 1923 dan 2005. Beliau juga dianugerahi gelar bangsawan pada ulang tahun Ratu Inggris tahun 2018.

*dilansir dari berbagai sumber

Belda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.