Punya Kebiasaan Menggigit Kuku? Kamu Harus Hati-Hati Dengan Kebiasaan Ini

gigit

Photo: correiodolavrado

Kamu pernah mendengar istilah Onychophagia? Nah istilah ini merujuk kepada kebiasaan orang menggigit kuku. Hal ini biasa dilakukan seseorang dalam keadaan tidak sadar, terutama pada saat merasa tegang, panik, atau pada saat seseorang sedang ketakutan dan gugup. Ada berbagai fakta yang berhubungan dengan kegiatan mengigit kuku.

  • Biasanya kebiasaan mengigit kuku lebih banyak dilakukan oleh anak-anak dengan persentase mencapai 60% dan remaja sebesar 40%. Bahkan, kebiasaan ini bisa terbawa sampai dewasa.
  • Mengigit kuku biasanya dilakukan bukan hanya karena tegang, tapi ini merupakan suatu cara dalam mengatasi suatu kecemasan atau ketegangan.
  • Kegiatan mengigit kuku berhubungan dengan gangguan obsesif-kompulsif atau Obsessive-Compulsive Disorder (OCD). Hal ini dapat menyebabkan kepanikan tingkat tinggi dan kegelisahan yang cukup parah sehingga seseorang melakukan kebiasaan menggigit kuku untuk mengatasi kepanikannya. Maka, kebanyakan dari orang yang melakukan kebiasaan ini merupakan orang yang perfeksionis, tidak sabaran, dan tidak mudah puas.
  • Faktor frustasi, kesepian, dan faktor genetika berpengaruh dengan kebiasaan ini.

Dari banyaknya faktor mengenai kebiasaan menggigit kuku, kamu juga harus tahu tentang efek buruk dari kebiasaan buruk ini.

  • Menggigit kuku tidak baik untuk gigimu karena dapat membuat gigimu mudah tanggal.
  • Menggigit kuku dapat menyebabkan kerusakan syaraf pada kuku serta kulit di area kuku karena kamu tidak hanya menggigit kuku, tapi juga kutikula dan jaringan kulit pada area tersebut.
  • Jarimu bisa terluka apabila kamu terus menggigit kukumu. Jarimu bisa menjadi berdarah atau terdapat luka kemerahan, atau yang paling parah adalah infeksi virus dari kuku ke mulut. Hal ini dapat berdampak buruk terutama bagi kesehatanmu.
  • Kebiasaan buruk ini dapat merusak kukumu, terutama mengurangi keindahan kuku dan mengganggu pertumbuhan kuku. Tentu hal ini sangat merugikan untukmu.

Karena efek buruk yang terjadi akan membuatmu rugi, maka kamu harus berusaha untuk berhenti melakukan kebiasaan buruk ini dari hal yang paling sederhana seperti memakai plester. Cara ini cukup ampuh untuk mengurangi kebiasaan buruk menggigit kuku karena tentu saja kamu tidak ingin kesehatanmu terganggu karena kebiasaan jelek ini kan?

*dilansir dari berbagai sumber

Belda

Categories: Health, Uncategorized

Tagged as: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.