Manfaat dan Dampak Kurang Minum Air Putih

cute-young-woman-drinking-water_1157-30771

Photo: Freepik.com

Tubuh manusia mengandung sekitar 60% cairan. Idealnya, manusia meminum dua liter air atau setara dengan delapan gelas air setiap hari. Hal ini dipicu karena rata-rata pengeluaran urine orang dewasa sekitar 1,5 liter per hari.

Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja. Tidak hanya untuk pelepas dahaga saja, berikut adalah manfaat dari minum air putih dan dampak jika kurangnya minum air putih.

Membantu mengeluarkan racun dalam tubuh

Setiap hari kita mengkonsumsi makanan dan minuman yang mungkin beberapa diantaranya ada yang sedikitnya mengandung racun. Air putih inilah yang membantu mengeluarkan racun tersebut dari tubuh kamu serta membuang zat yang beresiko bagi kesehatan melalui keringat dan urin.

Untuk kesehatan kulit

Dengan mengonsumsi air putih kamu membantu kulitmu tidak akan dehidrasi. Kulitmu tidak akan terlihat kering dan tidak mudah berkerut. Air putih membantu melembabkan kulit, membuat kulit menjadi lebih segar dan menyamarkan kerutan.

Meredakan sakit kepala

Salah satu penyebab sakit kepala yaitu dehidrasi. Dengan meminum air putih sakit kepalamu akan mereda. Menurut Europea Journal of Neurology, mengkonsumsi air putih yang cukup akan meredakan dehidrasi sehingga menolong kurangi rasa sakit pada kepala.

Meningkatkan sistem imun pada tubuh

Air akan membawa oksigen ke sel-sel tubuh sehingga sistem menjadi berlancar lancar serta air dapat membersihkan racun berbahaya dari tubuh karena kinerja ginjal menjadi lancar dan baik. Maka dari itu, air  dapat meningkatkan sistem imun. Imun yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh akan menjadi sehat. Banyak konsumsi air putih maka sistem kekebalan menjadi lebih kuat.

Sedangkan, ketika kamu kekurangan mengkonsumsi air putih hal itu dapat mempengaruhi mood, kerja otak, dan fungsi tubuh lainnya. Yaa, tentu saja menjadi kebalikan di antara manfaat dari minum air putih di atas. Selain itu juga, kekurangan air putih menyebabkan kurangnya fokus akan dirimu. Bahkan dampak jangka panjang dari kurangnya minum air putih adalah gangguan ginjal, lho. Seram bukan? Jadi jangan lupa minum air putih setiap hari yaaa. Jangan sampai ginjalmu rusak hingga terjadi gangguan yang mempengaruhi produktivitasmu.

Itulah dampak dari cukupnya dan kurangnya minum air putih yang bisa Sobat Glamours rasakan. Banyak mengkonsumsi air putih tidak akan memberikan dampak efek samping pada tubuhmu. Karena air putih tidak mengandung kandungan kalori, lemak, karbohidrat serta kandungan gula.

Nafal Awalya

Categories: Health, Uncategorized

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.