Kiat Memilih Pakaian Olahraga Bagi Kamu Para Hijabers

Islamic woman stretching after workout at the park

Photo: Freepik.com

Kita semua disarankan untuk berolahraga yang cukup untuk menjaga tubuh agar tetap bugar. Wanita juga sangat disarankan untuk tetap berolahraga agar tetap sehat sekaligus untuk memperkuat tubuh.

Saat ini, ada banyak pilihan pakaian olahraga bagi para wanita, termasuk bagi para hijabers. Apalagi, baju olahraga, khususnya untuk para hijabers harus tetap menyerap keringat dengan baik dengan tingkat penguapan yang baik pula, nyaman, dan ringan meskipun saat dipakai olahraga berat. Nah seperti apa sih cara memilih baju olahraga bagi para hijabers?

Pilihlah pakaian olahraga yang tidak ketat

Pakaian ketat dapat membatasi gerak tubuhmu. Bahkan, lebih parahnya lagi, kulitmu bisa lecet karena gesekan yang berlebihan pada kulit. Selain itu, kram bisa terjadi karena peredaran darahmu terhambat oleh baju yang terlalu ketat. Tentunya hal ini akan sangat mengganggumu. Celana ketat seperti legging sangat tidak disarankan karena dapat membuat tubuhmu merasa tidak nyaman.

Gunakan pakaian olahraga dengan bahan yang baik

Pada saat berolahraga pasti tubuhmu berkeringat. Kamu bisa menggunakan pakaian yang bahannya mengandung polypropylene. Bahan pakaian ini memungkinkan keringat menguap lebih cepat sehingga tidak membuat badanmu basah. Hindari bahan seperti katun yang mudah basah karena hal ini dapat meningkatkan pertumbuhan jamur lebih cepat. Kamu pasti tidak mau mendapat infeksi jamur ‘kan?

Pakailah pakaian olahraga dengan warna yang cerah

Tidak hanya untuk wanita berhijab. Sebenarnya, semua disarankan untuk menggunakan pakaian olahraga yang cerah karena pakaian cerah dapat memantulkan sinar matahari ketimbang pakaian olahraga yang gelap dan tebal.

Utamakan kenyamanan

Kamu bisa menggunakan baju berlengan pendek dengan catatan kamu juga harus menggunakan manset. Pastikan, manset yang kamu gunakan tidak ketat maupun longgar karena manset yang ketat dapat membuatmu lecet dan gatal, sedangkan manset yang longgar akan sangat mengganggu kegiatan olahragamu.

Jangan gunakan kerudung transparan

Kerudung yang terkesan “nerawang” akan membuatmu tidak fokus dan akhirnya olahragamu jadi tidak maksimal.

Gunakan rompi penutup dada

Untuk kamu yang senang berenang, kamu bisa menggunakan rompi khusus agar kamu tetap nyaman dan tidak risih saat beraktivitas.

Gunakan penutup kepala khusus

Penutup kepala khusus berbahan polyester sangat ringan dan fleksibel karena enutup kepala ini aman digunakan. Hal ini disebabkan karena penutup kepala khusus didesain khusus dengan lubang kecil yang memudahkan sirkulasi udara. Akan tetapi, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan rambutmu loh.

Belda

Categories: Health

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.