Waspada, Ini Dampak Negatif Aplikasi Jodoh

Foto: Freepik.com

Foto: Freepik.com

Ada begitu banyak aplikasi cari jodoh yang sangat mudah untuk diunduh. Mencari jodoh hanya dengan geser kanan geser kiri, mungkin terasa menyenangkan dan menantang bagi sebagian orang. Kamu bisa saja mendapatkan orang spesial dan teman kencan, dalam waktu yang amat singkat. Istilahnya bisa mendapatkan jodoh dalam satu genggaman. Namun, dibalik keseruan dan kemudahan itu tentu ada dampak negatifnya.

Keamanan data pribadi

Bagi mereka yang sadar bahwa data pribadi di smartphone mereka akan diambil pemilik aplikasi. Ditambah lagi, bertukar pesan lewat aplikasi cari jodoh, kamu bisa jadi memberikan nomor telepon bahkan alamat tempat tinggal pada orang yang baru dijumpai. Tidak menutup kemungkinan ada kejahatan terjadi. Jangan sampai keinginan memiliki kekasih yang menggebu-gebu, sampai melupakan keamanan data diri.

Identitas palsu

Efek buruk mencari pasangan lewat dunia maya adalah penuh kebohongan. Biasanya beberapa orang menyalahgunakan aplikasi cari jodoh ini untuk berbuat kejahatan. Mereka akan menggunakan identitas palsu untuk membuat tertarik korbannya. Hal ini juga merugikan orang yang identitasnya dijadikan korban. Cukup mengerikan bukan?

Kecandu

Ketika keasyikan mengggunakan aplikasi cari jodoh kemungkinan juga kamu akan kecanduan. Dampaknya kamu tidak akan fokus terhadap satu orang. Karena kamu akan terus mencari seseorang lain yang tersedia dalam aplikasi cari jodoh tersebut. Kecanduaan ini juga akan cukup mengganggu aktivitasmu yang lain.

Tidak sesuai ekpektasi

Tidak semua orang jujur ketika mendeskripsikan dirinya di profil aplikasi cari jodoh. Mereka akan berusaha menampilkan diri sendiri yang paling bagus. Seseorang hanya akan melihat sebatas lewat foto dan deskripsi dari halaman profilnya, banyak kasus yang terjadi akibat hal ini. Para penggunanya seringkali tertipu bahkan mengalami kasus kriminal karena menggunakan aplikasi dating. Alih-alih ingin mencari kebahagiaan dengan bertemu orang yang tepat, malah terjebak tidak sesuai ekspetasi yang diinginkan.

Nah, itulah dampak negatif yang kemungkinan terjadi ketika menggunakan aplikasi cari jodoh. Setidaknya kamu akan lebih berhati-hati untuk menghindari hal tersebut. Semoga jodohmu segera ditemukan yaaa…


Nafal Awalya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.