Bingung Usir Rasa Bosan saat #DiRumahAja? Yuk, Simak Sejarah dan Coba Resep Croissant ini

(Foto: ChefSteps.com)

(Foto: ChefSteps.com)

Hayo, Sobat Glamours udah mulai bosen belum swakarantinanya? Tenang, mungkin bukan kalian aja yang bosen dan cemas terkait pandemi Covid-19. Kita tahu, saat ini semakin banyak orang bekerja dari rumah atau work from home (WFH), untuk mempraktikkan isolasi diri demi memutus mata rantai Virus Corona.Nah, karena keterbatasan ini justru memaksa orang untuk kreatif, termasuk ketika memasak, salah satunya membuat Croissant.

Dari pada lama-lama, mendingan simak aja langsung ulasan terkait sejarah dan resep roti yang satu ini, guna menyingkirkan kebosenan saat isolasi diri di rumah.

Croissant masuk dalam kategori pastry dengan bentuk bulan sabit yang sangat khas. Meski sekilas mirip dengan puff pastry, adonan Croissant menggunakan bahan ragi. Adonan kemudian ‘dilipat-lipat’ bersama butter sehingga menghasilkan kue yang berlapis-lapis, bertekstur renyah, dan gurih.

Simbol kerajaan Turki yang kalah perang

Croissant, roti ini biasa disajikan sebagai menu sarapan di negara-negara Eropa. Selain rasanya yang enak, roti ini juga memiliki berbagai macam rasa. Kebanyakan orang mengetahui roti ini berasal dari Prancis. Tapi tidak semua orang tahu kisah sejarah dari pembuatan roti ini.

Kisah ini berawal dari 1683. Pada saat itu seorang panglima perang Turki – Kara Mustafa Pasha, melakukan agresi militer dengan mengepung kota Wina sejak bulan Juli. Tapi sayang aksinya tersebut gagal bahkan sebelum pasukannya melakukan serangan, yang ia rencanakan dengan membuat terowongan-terowongan rahasia menuju kota.
Menurut Khalilashofia dalam blognya, ia menulis, kegagalan tersebut terjadi di detik-detik sebelum penyerangan dilancarkan. Sungguh ironis, dia tidak menyangka pasukan Wina mendapat bala bantuan dari negeri tetangga (Polandia, Jerman) yang datang melalui balik bukit Kahlenberg – yang mengelilingi kota Wina. Pasukan Kara Mustafa tak mampu menghalau serangan yang tiba-tiba dari balik bukit tersebut.

Kemenangan Wina atas tentara Turki dirayakan seluruh rakyat Austria dengan pesta pora. Dalam perayaan tersebut para koki membuat kue berbentuk bulan sabit yang mereka namakan Croissant. Dibuat dengan bentuk bulan sabit sebagai simbol kerajaan Turki yang kalah perang.

Sejak saat itu makanan tersebut menjadi menu di jamuan-jamuan kenegaraan Austria. Hingga suatu hari anak dari Ratu Austria, Maria de Antoinett yang menikah dengan raja Perancis Louis XVI membawa makanan tersebut ke Perancis. Sejak saat itu makanan tersebut menjadi sangat terkenal di seluruh dunia, dan orang seluruh dunia semakin mengenalnya sebagai makanan khas dari Perancis.


Resep

(Foto: TheSpruceEats.com)

(Foto: TheSpruceEats.com)

Cara membuat Croissant bisa dibilang gampang-gampang susah, terlebih roti yang populer di Negara Perancis ini jika punya bentuk yang cantik dan unik. Jadi jika terjadi kesalahan dalam pembuatannya maka sudah pasti hasilnya tak akan sempurna.

Namun tak usah khawatir, Anda bisa membuat roti Croissant ala rumahan. Yuk, simak resep dan langkahnya berikut ini.

Bahan Pelapis :

Margarin Pastry 400 Gram

Bahan Adonan :

500 gram Tepung Terigu

Garam Halus 15 gram

50 gram Susu Bubuk

50 Gram Gula pasir halus

10 gram ragi instan

300ml air es/dingin

Bahan Olesan :

1 sdm Krim

1 Butir telur ayam

Telur Ayam 1 butir (ambil kuningnya)

Cara Membuat Roti Croissant :

1. Langkah awal dalam membuat roti croissant adalah dengan membuat adonan utama, sediakan wadah / mangkuk berukuran besar

2. Masukan semua bahan adonan seperti tepung terigu,Susu bubuk,Ragi,gula pasir halus, masukan air es sedikit demi sedikit sembari adonan di aduk aduk hingga merata. Gunakan mixer roti dengan putaran lambat hingga sedang untuk hasil yang lebih baik.

3. Uleni adonan dalam wadah dengan tangan, dan tambahkan garam halus lalu aduk kembali sedikit-demi sedikit hingga kalis

4. Masukan adonan kedalam lemari es dan diamkan kurang lebih 15 menit

5. 15 menit kemudian keluarkan adonan dari dalam wadah, ambil sedikit adonan dan bentuk menyerupai bentuk persegi Panjang menggunakan alat rolling pin, lakukan berulang kali hingga adonan habis

6. Setelah adonan sudah berbentuk persegi panjang, taburi dengan tepung terigu pada bagian atas secara merata

7. Masukan pastry margarin pada bagian atas adonan lalu lipat adonan hingga rapat

8. Pada metode kali ini anda harus menggiling kembali adonan, melipat bagian atas dan bawahnya Kearah tengah lal udi giling kembali hingga memanjang dan lipat lagi

9. Setelah lipatan tercipta masukan kembali adonan kedalam lemari es selama 10 menit

10. Setelah 10 menit keluarkan adonan, Giling kembali adonan dengan roling pin hingga berbentuk kubus dengan ketebalan yang di inginkan.

11. Setelah di giling, potong-potong adonan dalam bentuk segitiga lalu diamkan 20-30 menit

12. Setelah adonan di potong-potong menjadi bentuk segi tiga, anda bisa memasukan isian roti Croissant sesuai selera, bisa menggunakan potongan keju, pisang, selai, coklat, dll.

13. Gulung adonan segitiga beserta isian, lalu olesia permukaan atas adonan yang telah di gulung dengan bahan olesan. Bentuk sedikit bagian ujung kedua adonan hingga menyerupai bentuk bulan sabit

14. Masukan adonan yang telah di bentuk dan di oles kedalam oven roti, dan panggang dengan suhu 200 drajat celcius selama kurang lebih 15 menit dengan api atas bawah hingga adonan roti berwarna kuning kecoklatan mengkilap.

15. Setelah matang, angkat dan sajikan dengan minuman hangat seperti kopi, teh atau coklat.

TIPS

1. Pilih mentega kualitas baik agar Croissant lebih gurih dan enak.

2. Croissant bisa diberikan isian seperti coklat dan selai sebelum dipanggang


Sumber: wiratech.co.id

Yusham

Categories: Recipe

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.