Chiki Fawzi Aransemen Ulang Tembang Lawas Berjudul “Panggilan Jiwa”

Artwork - Panggilan Jiwa

Dok. Chiki Fawzi Music

Penyanyi Chiki Fawzi meluncurkan lagu baru berjudul “Panggilan Jiwa”. Tembang lawas yang diaransemen ulang ini dibawakan secara berkolaborasi dengan dua sahabatnya, Vira Talisa dan Meda Kawu.

Lagu “Panggilan Jiwa” merupakan lagu ciptaan dari sang ayah, yang juga dikenal sebagai legenda musik Indonesia, Ikang Fawzi. Lagu ini juga dulu pernah dinyanyikan musisi legendaris Chandra Darusman dalam album Indahnya Sepi. Lagu “Panggilan Jiwa” mengusung nuansa city pop 1980-an dalam aransemen musiknya.

Dalam siaran persnya, pengerjaan lagu ini diproduseri oleh Raditya Joko Bramantyo seorang musisi serta produser muda berbakat yang juga merupakan bassist dari Vira Talisa. Chiki Fawzi juga mengubah sedikit lirik dalam lagu ciptaan ayahnya itu yang disesuaikan dengan kondisi Indonesia sekarang ini.

Lagu ini ingin menggambarkan bahwa manusia itu terlahir beragam dan saling berbeda. Mulai dari suku bangsa, latar belakang ekonomi, pendidikan, agama, pilihan politik, berbeda gender, berbeda selera musik, dan banyak lagi perbedaan lainnya.

Namun kita harus mencari keselarasan di dalam perbedaan tersebut dan jangan justru berfokus terhadap perbedaan yang dapat menimbulkan perpecahan.

Video klip Panggilan Jiwa sendiri telah rampung dikerjakan dan akan dirilis di kanal YouTube Chiki Fawzi pada Senin 6 April 2020. Video ini diproduseri sendiri oleh Chiki dan disutradari oleh Yogie Gandanaya.  Video ini dibuat dengan konsep yang sederhana: menggambarkan proses rekaman lagu di lokasi studio dan menggabungkannya dengan footage berita-berita yang menggambarkan situasi Indonesia yang meresahkan akibat suhu politik yang memanas dalam kontestasi pemilihan presiden yang lalu. 

Selain itu mengingat kondisi sekarang di mana negeri ini sedang dilandapandemi Covid-19, maka Chiki, Vira dan Meda berinisiatif untuk melakukan kampanye donasi Panggilan Jiwa bekerja sama dengan Kitabisa dan Dompet Dhuafa. Donasi bisa dilakukan lewat link https://kitabisa.com/campaign/barenganberibantuan hasil donasi akan dikonversikan menjadi Alat Pelindung Diri (APD) dan sembakountuk tenaga medis dan masyarakat yang terdampak wabah ini terutama rakyat kecil seperti tukang ojek, supir angkutan, pedagang kaki lima, dll yang tidak mempunyai privilege untuk bekerja dari rumah. 


Yusham

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.