Bagaimana Cara Memilih Buah dan Sayur yang Segar?

Photo: wallpaperflare.com

Photo: wallpaperflare.com

Mengkonsumsi sayur dan buah-buahan dapat menambah vitamin dan nutrisi bagi tubuh. Agar mendapatkannya secara utuh, tentu kita perlu mengetahui sayur dan buah yang baik dikonsumsi itu segar atau tidak. Terdapat banyak perbedaan dalam menentukan buah atau sayur itu baik. Untuk itu berikut tips yang bisa Anda lakukan dalam memilih buah dan sayur.

Warna

Setiap jenis buah dan sayuran pasti memiliki warna yang berbeda untuk mengetahui mereka sudah matang atau siap dikonsumsi. Saat Anda memilih, pastikan buah atau sayur yang ingin dibeli berwarna cerah atau tidak kusam. Jangan pilih sayuran hijau yang sudah kuning atau layu. Tetapi, mengenai warna kuning, jangan terapkan saat Anda memilih buah. Ada beberapa buah yang justru matang saat berwarna kuning atau oranye seperti pepaya dan pisang.

Tidak Menggunakan Pestisida

Untuk mengetahui buah dan sayuran yang berpestisida, Anda harus cermat mengamatinya. Biasanya, buah dan sayuran yang terdapat pestisida memiliki bercak putih di bagian luarnya. Atau untuk memudahkan, daun sayuran yang berlubang karena ulat itu menandakan sayuran tersebut tumbuh tanpa diberi pestisida.

Tekstur Kulit

Sebelum membeli sayur dan buah, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tekstur yang baik dari buah dan sayuran tersebut karena setiap sayur dan buah memiliki tekstur matang dan segar yang berbeda. Seperti alpukat yang memiliki tekstur agak empuk apabila sudah matang. Sedangkan apel dan semangka memiiki tekstur yang sebaliknya jika sudah matang. Tapi tentunya buah yang sudah memiliki tekstur sangat lembek itu mendakan buah tersebut sudah busuk. Untuk sayur, Anda dapat melihatnya dari daunnya. Jika sudah layu dan lemas, itu menandakan sayur tersebut sudah tidak segar lagi.

Belum Dicuci

Buah dan sayur yang sudah dicuci biasanya akan mudah busuk atau layu. Anda bisa memilih sayuran dan buah yang masih terlihat sedikit kotor karena tanah. Sayuran yang berakar akan lebih mudah diketahui apakah sudah dicuci atau belum karena bekas tanah akan sangat tampak ketika sayuran tersebut belum dicuci.

Bau

Untuk yang satu ini lebih sering terjadi untuk buah. Setiap jenis buah pasti memiliki aroma yang berbeda saat matang. Jika Anda ingin mengetahui buah tersebut matang atau belum, Anda dapat menhirup aromanya. Pada sayuran, bau ini dapat mencirikan apakah mereka sudah busuk atau belum.

Belanja Saat Pagi atau Datang ke Pasar Petani

Biasanya, para petani akan mengantarkan sayuran atau buah dari kebunnya pada saat malam ke penjual untuk dipasarkan saat pagi harinya. Karena itu, Anda disarankan untuk pergi ke pasar saat malam atau pagi harinya, hindari saat siang dan sore hari.

Selain saat memilih, ketahanan buah dan sayur agar tetap segar juga dipengaruhi dari cara Anda menyimpannya. Ada buah dan sayuran yang akan awet saat disimpan di kulkas, ada pula yang justru membuatnya semakin cepat busuk seperti pisang. Saat menyimpan di kulkas, ada baiknya sayuran dan buah dibungkus kertas terlebih dahulu baru dimasukan ke plastik atau wadah.


Redaksi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.