Sejumlah Istilah Terkait Virus Covid-19 yang Patut Kamu Ketahui!

Awas lho ketuker lagi! Hehe

Ilustrasi Covid-19/Freepik.com

Ilustrasi Covid-19/Freepik.com

Semenjak pandemi Covid-19 atau Corona merebak, ada banyak istilah-istilah baru yang sering muncul di pemberitaan media masa ataupun perbincangan di media sosial. Apa kamu sudah tahu artinya? Atau masih bingung atau masih sering ketuker?

Enggak usah khawatir, Sobat Glamours, mulai sekarang kita kenali yuk istilah-istilah seputar Virus Covid-19, agar kamu enggak keliru lagi ketika menerima atau meneruskan informasi kepada kerabat dan teman-teman!

ODP (Orang Dalam Pemantauan)

Menurut Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan-salah satu RS rujukan kasus virus corona, Rita Rogayah, ODP adalah orang dalam pemantauan, biasanya memiliki gejala ringan seperti batuk, sakit tenggorokan, demam, tetapi tidak ada kontak erat dengan penderita positif.

Orang dengan status ODP biasanya tidak perlu rawat inap di rumah sakit tetapi akan diminta untuk melakukan isolasi secara mandiri di rumah setidaknya selama 14 hari hingga kondisi membaik

PDP (Pasien dalam pengawasan)

PDP adalah mereka yang memiliki gejala panas badan dan gangguan saluran pernapasan. Gangguan saluran pernapasan itu bisa ringan atau berat, serta pernah berkunjung ke atau tinggal di daerah yang diketahui merupakan daerah penularan Covid-19.

Tidak hanya itu, PDP ini juga memiliki indikasi atau diketahui pernah berkontak dengan langsung dengan kasus yang terkonfirmasi atau probabel Covid-19.

Positif

Pasien yang dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 setelah melakukan serangkaian pemeriksaan seperti cek darah, rontgen paru-paru, hingga swab yang harus menjalani perawatan di rumah sakit atau di lokasi yang ditentukan oleh pemerintah.

Suspect

Lalu bagaimana jika sudah diputuskan sebagai suspect? Menurut penjelasan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI suspect ialah orang atau pasien dalam pengawasan yang harus menjalani isolasi di rumah sakit dan melakukan pemeriksaan swab.

Pandemi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI Edisi V), Pandemi adalah wabah yang terjangkit serempak di mana-mana, meliputi daerah geografis yang luas.

Epidemi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI Edisi V) Epidemi adalah penyakit menular yang berjangkit dengan cepat di daerah yang luas dan menimbulkan banyak korban, misalnya penyakit yang tidak secara tetap berjangkit di daerah itu; wabah.

Endemi

Penyakit yang menjangkit orang dalam jumlah besar yang terjadi di suatu wilayah atau populasi tertentu.

Lockdown

Istilah ‘lockdown’ berarti karantina wilayah, yaitu pembatasan pergerakan penduduk dalam suatu wilayah, termasuk menutup akses masuk dan keluar wilayah. Penutupan jalur keluar masuk serta pembatasan pergerakan penduduk ini dilakukan untuk mengurangi kontaminasi dan penyebaran penyakit COVID-19.

Social Distancing

Social distancing adalah salah satu istilah yang banyak digunakan dan mungkin sudah sering Sobat Glamours dengar. Secara terjemahan, kata ini memiliki arti “menjaga jarak secara sosial”.

Mengutip CIDRAP University of Minnesota, social distancing adalah tindakan untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit yang sangat menular.

Langkah-langkah social distancing membatasi kapan dan di mana orang dapat berkumpul, menjauhkan dan membatasi agar orang tidak berkumpul bersama-sama, menutup gedung, dan membatalkan acara.

WFH (Work From Home)

Berdasarkan pengertian dari Cambridge Dictionary, istilah work from home, atau bekerja di rumah, adalah karyawan yang bekerja di rumah mereka sendiri, bukan di kantor.

Herd immunity

Mengutip dari alodokter.com, secara harfiah, istilah ‘herd immunity’ berarti kekebalan kelompok. Herd immunity terhadap suatu penyakit bisa dicapai dengan pemberian vaksin secara meluas atau bila sudah terbentuk kekebalan alami pada sebagian besar orang dalam suatu kelompok setelah mereka terpapar dan sembuh dari penyakit tersebut.

Di tengah pandemi COVID-19, sebagian ahli percaya bahwa penularan virus Corona akan menurun atau bahkan berhenti sama sekali bila sudah ada banyak orang yang sembuh dan menjadi kebal terhadap infeksi ini.

APD (Alat Pelindung Diri)

Salah satu istilah yang ikut viral di media sosial akhir-akhir ini adalah APD. Mengutip dari news.detik.com, APD adalah alat-alat atau perlengkapan yang wajib digunakan untuk melindungi dan menjaga keselamatan pekerja saat melakukan pekerjaan yang memiliki potensi bahaya. Tenaga-tenaga medis sangat membutuhkan APD saat ini, namun sayangnya di pasaran justru harganya melambung tinggi.

Local Transmission

Local transmission adalah penularan Corona virus yang terjadi secara lokal atau di lokasi tempat pasein positif Covid-19 berada saat ini.

Contohnya adalah seseorang yang terinfeksi atau tertular Corona virus saat ia berada di Indonesia, tetapi ia juga tidak pernah memiliki riwayat perjalanan keluar negeri.

Self-limiting Disease

Penyakit yang gejalanya bisa sembuh sendiri. Namun tidak berarti bahwa perawatan medis tak berpengaruh pada kesembuhan pasien yang lebih cepat.

PSBB (Pembatasan Sosial Beskala Besar)

PSBB merupakan singkatan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar yang dianggap mampu mempercepat penanggulangan sekaligus mencegah penyebaran Virus Corona yang semakin meluas di Indonesia.

Apa saja yang dibatasi dalam PSBB? Aktivitas sekolah dan tempat kerja, kegiatan keagamaan, kegiatan di tempat atau fasilitas umum, kegiatan sosial dan budaya, operasi transportasi umum.

Dilansir dari cekaja.com, Achmad Yurianto selaku juru bicara pemerintah mengungkapkan bahwa terdapat banyak sekali fungsi PSBB yang akan kita dapatkan sebagai masyarakat, diantaranya seperti mencegah terjadinya perkumpulan orang, baik dalam jumlah kecil hingga jumlah besar, dan menekan penyebaran virus corona itu sendiri di kalangan masyarakat.

Dengan adanya PSBB, diharapkan hal ini mampu melindungi orang-orang dari penularan Covid-19 hingga kasus terakhir. Namun, tentu saja tidak ada kebijakan yang berhasil tanpa adanya kerjasama dari masyarakatnya itu sendiri.


Yusham

Categories: Health

Tagged as: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.