Pengin Efektif dan Produktif Selama Work From Home? Berikut Tipsnya

young-business-woman-medical-protective-mask-works-from-home-computer-during-self-isolation-quarantine_122732-2409

Photo: freepik.com

Bekerja di rumah atau istilah ngetrennya work from home (WFH) bukanlah hal baru. Cara ini sudah ada sejak lama dan telah diimplementasikan oleh banyak perusahaan.

Namun, belakangan ini akibat pandemi Virus Corona (COVID-19) menyebar dengan cepat, pemerintah pun mengeluarkan himbauan agar perusahaan di Indonesia membuat kebijakan WFH untuk para pekerjanya. Tagar #dirumahaja populer saat ini guna mendukung meluasnya kemungkinan penyebaran virus corona.

Nah, bicara saoal bekerja di rumah. Di zaman kiwari, jelas hal ini menjadi tantangan tersendiri buat siapa saja meskipun bisa dibilang WFH itu mudah dilakukan. Terlebih di zaman serba praktis ini orang tinggal klak-klik-klak-klik! beres.

Jika Sobat Glamours ingin mengetahui tips aman, nyaman serta produktif selama bekerja di rumah, kali ini starglammagz.com telah merangkumnya. 

Atur jadwal

Man Working Coffee Shop Cafe Concept

Photo: freepik.com

Menurut  Success, Hal yang perlu diperhatikan ketika sedang kerja dari rumah adalah mengatur jadwal. Ketika sedang bekerja di rumah tetapi kamu tidak mengatur jadwal sama sekali, biasanya kamu akan merasa bebas dan lupa terhadap pekerjaan kamu.

Atur seperti biasa jam bangun kamu agar tidak kesiangan. Lalu jangan lupa mandi agar badan tetap segar sehingga siap untuk bekerja di rumah. Setelah itu, perhatikan pekerjaan yang diberikan kepada kantor kamu pada hari itu. Atur jadwal dari jam berapa kamu akan bekerja, jam makan siang, dan jam berapa kamu akan berhenti kerja.

Dengan hal tersebut, maka kamu akan merasa lebih bertanggung jawab sehingga kamu tidak akan menunda pekerjaan kamu.

Atur posisi agar lebih nyaman 

cheerful-young-woman-holding-cup-coffee-using-laptop-computer_171337-4166

Photo: freepik.com

Beberapa orang memang ada yang nyaman ketika bekerja di sofa, beanbag, maupun kasur sekalipun. Tapi jika kamu merasa tidak nyaman ketika bekerja di atas kasur, maka sebaiknya hindari hal tersebut.

Sebab, tak jarang beberapa orang yang justru malas-malasan bekerja di atas kasur. Bekerjanya hanya sebentar, lalu biasanya tidur-tiduran dan pada akhirnya justru menunda pekerjaan. Barangkali sampai ketiduran. Hayo, apa Sobat Glamours salah satunya?

Maka dari itu, hindari bekerja di atas kasur jika menimbulkan efek tidur. Kamu bisa ambil posisi kerja senyaman mungkin, misalnya di meja belajar atau bahkan di rooftop rumah.

Jangan lupakan jam istirahat

Caucasian man taking a break from work by listening to music

Photo: freepik.com

Seperti yang dikutip dari Reader’s Digest, cobalah ambil beberapa menit dari jam kerja untuk bersantai. Gunakan untuk makan siang. Beri waktu untuk mengisi ulang energi sebelum kembali bekerja agar kita mampu menyelesaikan sisa pekerjaan dengan lancar. Ini memang sulit tetapi sangat diperlukan. Kita perlu istirahat sebentar saja agar pikiran jernih dan fokus kembali tajam. Evans menyarankan kita untuk menetapkan batas waktu berbeda utnuk memberi jeda di setiap selang waktu.

Terus bersosialisasi

back-view-asian-business-woman-talking-her-colleagues-about-plan-video-conference_73503-1717

Photo: freepik.com

Terhubung dengan orang lain diperlukan untuk tetap sehat, produktif, bahagia, dan waras. kamu dapat mengadakan rapat virtual, melakukan panggilan telepon, atau mengirim pesan singkat kepada teman. Jangkau dan dukung satu sama lain, kemudian tertawa.

Selesaikan satu hal yang ingin kamu lakukan

Man working on laptop

Photo: freepik.com

Bekerja di kantor bisa sangat menyita waktu dan jarang menyisakan waktu untuk sendiri atau waktu luang untuk menyelesaikan sesuatu. Bekerja dari rumah adalah kesempatan untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan yang harus Anda lakukan, seperti menyelesaikan pengeluaran, bertukar pikiran tentang proyek jangka panjang, atau membaca artikel yang Anda bookmark beberapa waktu yang lalu.


Dit

Categories: Work

Tagged as: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.