Tips Menjaga Kulit Agar Tetap Sehat Selama Bulan Ramadan

muslim-beautiful-girl-looking-into-mirror-checking-face-skin_21730-13509

Photo: freepik.com

Kulit yang tampil prima dan terlihat segar adalah dambaan setiap wanita di mana pun dan kapanpun. Termasuk ketika berpuasa yang rentan dengan dehidrasi, setiap wanita pun perlu merawat kulitnya.

Apakah kulit Anda menjadi kering dan terlihat kurang segar ketika berpuasa? Kulit memang cenderung mudah mengalami dehidrasi sehingga terlihat kering dan kusam. Perubahan pola tidur selama berpuasa juga bisa membuat wajah terlihat lelah dan tidak bersemangat. Namun, Anda tak perlu khawatir, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk merawat kulit selama berpuasa.

Konsumsi Buah dan Sayuran

Berpuasa sering membuat kulit menjadi kusam karena tubuh kekurangan vitamin dan mineral. Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan nutrisi tersebut, seperti aneka buah dan sayuran segar saat berbuka puasa dan juga saat sahur. Buah dan sayur juga bisa melengkapi kebutuhan air yang penting untuk kulit Anda.

Minum Air yang Cukup

Kurangnya asupan air dalam tubuh karena berpuasa tidak hanya menyebabkan rasa haus, tapi juga bisa membuat kulit Anda dehidrasi dan menjadi kering. Oleh karena itu, jangan lupa untuk minum air yang cukup antara sahur dan berbuka, minimal delapan gelas setiap harinya.

Hindari minuman berkafein

Hindari minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh dan minuman bersoda, karena kafein bisa menyerap kandungan mineral tubuh. Mengonsumsi minuman tersebut akan menyebabkan kulit kekurangan nutrisi, sehingga kulit pun akan terlihat lebih kusam.

Cegah Mata Sembap

Selama berpuasa, lingkaran gelap di sekitar mata lebih mudah muncul karena perubahan pola tidur. Untuk mengurangi mata sembap, Anda bisa menggunakan kantong teh atau potongan timun untuk digunakan sebagai kompres mata. Selain itu, mengurangi konsumsi garam juga dapat mencegah mata sembap.

Konsumsi Vitamin C

Saat tubuh kekurangan vitamin C, kulit pun tampak lebih kering dan kasar. Jadi, jangan lupa untuk menyisipkan tomat, jeruk, apel, brokoli, dan makanan yang kaya akan vitamin C lainnya dalam menu sahur dan berbuka. Mengonsumsi vitamin C pun akan membuat kulit Anda tetap cerah selama berpuasa.

Melakukan Perawatan Luar

Setelah semua perawatan dari dalam tubuh sudah dilakukan, kini saatnya perawatan dari luar juga harus dilaksanakan. Perawatan tubuh dari luar diperlukan karena untuk mendukung perawatan dari dalam yang sudah dijelaskan sebelumnya. Anda perlu menggunakan body lotion, pelembab, tabir surya, krim mata, masker dan segalanya yang bisa melindungimu dari terik matahari.


Devi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.