Upaya Memulihkan Ekonomi Masyarakat, Pemkot Bandung Gelar Program Bandung Great Sale 2020 Secara Daring

Bandung Great Sale 2020

Pemerintah Kota Bandung akan kembali menggelar program tahunan Bandung Great Sale 2020 yang dihelat pada 1 Juli hingga 31 Agustus 2020 mendatang. Kegiatan ini dinilai sebagai upaya memulihkan ekonomi masyarakat di tengah macetnya roda ekonomi sebagai imbas pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Dewi Kaniasari menyebutkan pesta diskon tersebut diselenggarakan secara daring.

“Demi menghindari adanya kerumunan sekaligus menekan naiknya kasus virus corona di Kota Bandung, BGS (Bandung Great Sale) Tahun 2020 bakal digelar secara online dan akan memberikan diskon besar-besaran kepada para pelanggan,” tuturnya seperti yang dilansir dalam laman pikiran-rakyat.com, Rabu (1/7/2020).

Pada tahun ini Pemkot Bandung melibatkan 245 orang pelaku usaha atau merchant. Mereka terdiri dari 171 hotel dan restoran, 15 grup usaha, dan 59 UMKM yang tergabung dalam PHRI, APPBI, Dekranasda, dan Aprindo.

Ratusan pelaku usaha yang turut berkontribusi dalam BGS 2020 mengaku sudah siap dengan acara yang digelar secara daring.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Persatuan Hotel Restaurant Indonesia (PHRI) Jawa Barat. Mudah-mudahan dengan adanya BGS bisa membantu terutama dari sektor pariwisata,” ujar Dewi.

Dewi menambahkan, apabila ada pengusaha atau merchant yang ingin bergabung, bisa datang ke Disbudpar atau lewat media sosial, “untuk promosinya sendiri kami secara online.”

Disbudpar Kota Bandung juga melakukan inovasi baru dalam menciptakan BGS 2020 berbasis aplikasi demi memudahkan masyarakat.

“Kita juga ada aplikasi BGS 2020. Sementara ini kami masih berkomunikasi dengan app store, tentang informasi promo di BGS, program, reservasi, protokol kesehatan, marketplace, opsi untuk cashless,” katanya.

Ia berharap transaksi secara daring ini dapat mendongkrak sektor pariwisata, kuliner, dan sektor lainnya. Sejauh ini, pihak Disbudpar telah menargetkan banyak pelanggan di Kota Bandung, melihat mayoritas penduduk adalah kaum milenial dan memiliki gawai yang memiliki peluang untuk ekspansi secara daring.

“Target pasar Bandung Great Sale 2020 kali ini ialah warga lokal Bandung. Harapannya, Kota Bandung menjadi percontohan di Kabupaten dan kota di Jawa Barat,” pungkas Dewi.

Editor: Yusham

Categories: Event

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.