Apa Peran dan Tanggung Jawab Seorang Influencer?

(Shutterstock/Paulaphoto)

Kamu pernah mendengar kata influencer? Sebenarnya, influencer merupakan orang yang memiliki banyak pengikut atau followers, terutama di media sosial. Hal ini membuat influencer dapat memperkuat pemasaran dan promosi melalui media digital karena mereka dapat memberi pengaruh yang besar terutama dalam hal berbisnis. Bahkan, mereka seringkali dianggap lebih baik daripada iklan TV. Jadi jangan salah kalau kebanyakan influencer merupakan blogger, selebritis, selebgram, dan masih banyak lagi.

Seorang selebriti bisa menjadi seorang influencer karena tentu mereka memiliki follower yang banyak. Selain itu, mereka memiliki daya pikat yang besar sehingga mereka dapat menarik banyak orang dengan konten yang simple. Jurnalis juga bisa loh menjadi influencer karena masyarakat dapat terpengaruh dengan konten yang dibuat oleh jurnalis yang terpercaya. Ada juga industry expert yang ahli di bidangnya. Memang, jumlah follower mereka terbilang sedikit, tapi publikasi yang mereka buat cenderung efektif.

Sebagai pekerjaan yang memiliki dampak besar, influencer juga memiliki peran dan tanggung jawab loh.

  • Seorang influencer harus memiliki reputasi yang baik karena public figure dengan reputasi yang baik akan memiliki personal branding yang terjaga.
  • Seseorang yang menjadi influencer dapat mempengaruhi cara masyarakat dalam berbelanja, berpakaian, sampai gaya hidup sehari-hari.
  • Influencer memiliki tanggung jawab mengenai apa yang mereka post di media sosial  beserta tujuan yang ingin disampaikan.
  • Tetap memberikan pesan positif meskipun pasti ada yang memberikan komentar negatif.
  • Memberikan energi positif dengan platform yang dimiliki dan sadar bahwa semua orang memiliki perspektif yang berbeda.
  • Biasanya para influencer memiliki keterikatan atau engagement yang tinggi dengan follower nya karena hal ini bisa menjadi tolak ukur produk yang dipromosikan akan menyentuh calon konsumen.
  • Intensitas update konten harus terjaga dengan baik. Hal ini berhubungan dengan engagement dengan para pengikut juga.

Ada banyak influencer yang berpengaruh di tingkat nasional maupun internasional. Sebut saja Raffi dan Nagita, Merry Riana, Kim Kardashian, sampai yang saat ini sedang dipuja-puja oleh kaum muda Kylie Jenner dengan biaya per foto sponsor di Instagram mencapai USD 1 juta atau setara dengan Rp 14,4 miliar.

Nah, kamu tertarik untuk menjadi influencer?

Penulis: Belada

Categories: Work

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.