Bintang SMA 2020: Ajang Pencarian Bakat Daring di Masa Pandemi

Daniel Mananta, Puspita Winawati, Gading Marten, dan Kunto Aji saat acara konferensi pers virtual Pocari Sweat Bintang SMA 2020, Kamis (3/9/2020). Dok. Pocari Sweat.

Kita tahu, pandemi yang saat ini masih melanda Indonesia telah melumpuhkan berbagai sektor. Covid-19 seakan membungkam bahkan membunuh mimpi-mimpi anak bangsa dalam bereksplorasi dan bergelut dengan dunia. Hal tersebut layaknya mimpi buruk yang mampir bertubi-tubi.

Namun, jangan karena pandemi ini kita jadi pesimis dan mengubur mimpi-mimpi tersebut. Meski masa pageblug ini belum berakhir, sejatinya tak ada yang bisa menghalangi jalan untuk terus mewujudkan mimpi apalagi sampai melumpuhkan bakat seseorang!

“Mimpi itu jangan dibatasi,” kata Najwa Shihab, “selagi masih muda kita harus mencoba berbagai hal.” Ia berpesan, ketertarikan dan mimpi itu mesti dirawat, bahwa renjana (passion) mesti dituangkan dan diperjuangkan agar memacu para remaja untuk terus berkarya.

Sejalan dengan hal tersebut, Pocari Sweat percaya bahwa setiap remaja Indonesia dapat menggapai mimpinya. Maka dari itu, Pocari Sweat kembali menggelar Bintang SMA 2020, yakni ajang pencarian bakat daring untuk anak SMA/sederajat di Indonesia. Para peserta sudah bisa mengunggah video bakatnya yang dibuka mulai 1 September hingga 14 Oktober 2020.

Kompetisi ini hadir dengan konsep yang sepenuhnya dilakukan secara daring untuk memudahkan anak SMAsederajat menunjukkan talenta dan mewujudkan mimpinya di Bintang SMA 2020.

Ajang pencarian bakat daring untuk anak SMA

Puspita Winawati selaku Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka menjelaskan, melalui kampanye Bintang SMA 2020¸ pihaknya ingin menyampaikan pesan penting kepada para anak-anak SMA/sederajat untuk tetap berusaha dan percaya bahwa tidak ada yang dapat membatasi diri untuk mewujudkan mimpi di kondisi apapun, khususnya untuk kondisi saat ini.

“Bintang SMA satu-satunya ajang pencarian bakat online untuk anak SMA. Sesuai dengan tema tahun ini Sweat for Dream, kami percaya, apapun mimpinya, apabila mereka mau berkeringat dan berusaha, mereka akan mampu meraihnya,” ujarnya dalam konferensi pers virtual Pocari Sweat Bintang SMA 2020 via Zoom, Kamis (3/9/2020).

Inovasi baru

Melihat kesuksesan tahun lalu yang melibatkan ribuan partisipan dari 150 sekolah di 19 kota di Indonesia dengan berbagai macam bakat seperti musik, olahraga, hingga content creator membuat Pocari Sweat untuk terus berinovasi, salah satunya lewat kolaborasi dengan YouTube dan Narasi.

“Bersama dengan partner yang kredibel terutama di dunia digital, kami berharap bisa menginspirasi anak muda menunjukkan bakat mereka. YouTube bersama content creators-nya akan memberikan tips membuat konten yang lebih baik dan Narasi membantu merangkul anak muda agar lebih berani dalam mewujudkan mimpinya,” tambahnya.

Tangkapan layar konferensi pers virtual Pocari Sweat Bintang SMA 2020 (dok. Pocari Sweat)

Para juri yang spektakuler

Selain itu, acara ini juga menghadirkan sejumlah juri kondang dan ahli di bidangnya, di antaranya; Gading Marten (aktor dan presenter), Kunto Aji (penyanyi dan pencipta lagu), Anindya Putri (Putri Indonesia 2015 dan sport enthusiast), Ufa Sofura (penari profesional dan koreografer), dan Najwa Shihab (pendiri Narasi dan tuan rumah Mata Najwa).

Najwa Shihab selaku pendiri Narasi sangat mendukung ajang pencarian bakat ini. Pasalnya, sejalan dengan visi Narasi yang kerap mendorong anak muda Indonesia untuk bergerak, seperti; berbagai macam kegiatan Narasi selama ini.

“Masa SMA adalah saat paling seru untuk belajar macam-macam dan masa SMA adalah masa untuk berlari sekencang-kencangnya mengejar bakat. Selagi SMA, jangan takut menjadi bintang SMA,” ujar Najwa yang pada kesempatan ini juga bertindak sebagai Head of Judges Pocari Sweat Bintang SMA 2020.

Hal senada sama dilontakan aktor dan presenter kondang Gading Marten yang kembali menjadi juri Bintang SMA untuk kedua kalinya. Ia mengingat bagaimana kenangan tahun lalu ketika menyaksikan antusiasme anak-anak muda mewujudkan mimpinya. “Saya tidak sabar untuk bertemu dengan anak-anak muda berbakat se-Indonesia dengan berbagai jenis talenta yang mereka miliki. Bakal spektakuler tahun ini,” ucapnya.

Berbeda dengan pelantun lagu “Pilu Membiru” Kunto Aji. Ia mengaku, sebagai mantan jebolan ajang pencarian bakat, program atau ajang semacam ini membawa pengaruh cukup besar bagi perkembangan kariernya sebagai penyanyi dan pencipta lagu.

“Masa muda memang punya keterbatasan, tapi generasi sekarang kreativitasnya sangat tinggi. Saya berharap, anak-anak sekarang bisa melawan dan memanfaatkan keterbatasan tersebut. Keraguan dalam dirimu harus diganti dengan tekad yang kuat untuk mewujudkan mimpi,” ajak pria yang kerap disapa MasKun itu.

Lalu, bagaimana cara/langkah menjadi Bintang SMA 2020? Gampang banget!

Nah, buat kalian yang masih bingung langkah menjadi Bintang SMA 2020 jangan khawatir, karena caranya gampang banget, begini;

  • Rekam bakatmu : Pasang kamera dan tunjukkan bakatmu dalam bentuk video, sertakan produk atau pun atribut Pocari Sweat dalam videomu.
  • Submit bakatmu : Kalian cukup mengirimkan/menggunggah video bakatmu melalui media sosial Instagram, Twitter dengan menyertakan tagar #BintangSMA2020. Pastikan kamu sudah mengikuti dan menandai (tag) @pocariid atau bisa melalui microsite.
  • Sebarkan bakatmu : Tunjukkan bakatmu yang lain atau bagikan di sosial media seluas-luasnya.

Kalau kamu masih bingung, informasi lebih lanjut mengenai Bintang SMA 2020, dapat menengok melalui Instagram dan Twitter @pocariID atau di sini.

Puspita Winarti mengatakan, para finalis akan diasah bakatnya melalui serangkaian acara yang akan diisi oleh para juri dan ahli di bidangnya. “Pemenang utama  berkesempatan untuk menjadi brand ambassador dan bintang iklan Pocari Sweat selanjutnya,” jelasnya.

Apa saja benefit dan hadiahnya?

Hadiah terbagi menjadi 4 kategori, di antaranya;

Submission : Setiap minggunya Bintang SMA akan memilih 7 pemenang dengan konten terbaik

Top 50 : Kalau kamu masuk menjadi finalis 50 besar, kamu berkesempatan untuk berkomunikasi langsung dengan influencer ternama

Top 7 : Kamu berkesempatan mengikuti lokakarya (workshop) selama 3 hari bersama juri dan para ahli untuk mengasah bakatmu.

Winner : Aman menjadi bintang iklan Pocari Sweat terbaru dan mendapatkan konten ekslusif bersama Narasi.

Tips agar kamu enggak minder

Selain langkah-langkah di atas tadi, kamu juga mengikuti tips yang diberikan juri Bintang SMA 2020.

Gading Marten berpesan, setiap peserta diupayakan untuk mengenali dirinya sendiri dan bakatnya masing-masing. “Coba gali dan kembangkan. Manfaatkan waktu dan jangan menghilangkan kesempatan emas ini,” katanya.

Selain mengenali diri sendiri, Kunto Aji menyarankan untuk menampilkan kreativitas kemampuan diri secara total, serta memperkuat karakter yang dimiliki. “Kreativitas itu yang paling penting. Bikin juri melirik dengan apa yang kamu punya,” ujarnya.

Sedangkan Najwa Shibab mengatakan jangan takut kalah atau gagal. Pasalnya, kegagalan akan memberikan pengalaman tersendiri. “Kalian punya kemewahan yang tidak dimiliki masa-masa SMA sebelumnya seperti kita,” ungkapnya, “jadi meskipun gagal, gagal di SMA itu adalah gagal yang baik.”

Harapan dari ajang pencarian bakat Bintang SMA 2020

Dalam penutupannya, Puspita Winawati berharap, seluruh para peserta jangan sampai membatasi diri. “Mengasah bakat bisa di mana saja. Apapun bakat dan mimpi cobalah untuk tetap diraih. Semoga Bintang SMA 2020 bisa menjadi wadah untuk ke sana,” katanya.

Sebelum menutup konferensi pers yang dipandu presenter Daniel Mananta, Najwa Shihab menambahkan, “bintang yang selayaknya bintang adalah yang menerangi sekitar,” tutup Najwa.

Penulis: Yusham

Categories: Event

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.