Atasan Mengapresiasi Kinerja Karyawannya, Emangnya Penting?

Freepik

Pernah gak sih kamu melihat teman kantormu yang terbilang memiliki potensi tapi merasa kurang bersemangat dalam bekerja? Nah, kalo iya, jangan dulu menghakimi, menegur, dan memarahi mereka, bisa jadi hal tersebut bukan karena mereka malas atau lelah. Namun ada hal lain yang memicu mereka seperti itu, bisa jadi performa dan kinerja yang turun itu diakibatkan kurangnya reward atau apresiasi dari sang atasan.

Tanpa memandang besar atau kecil perusahaannya, tak sedikit perusahaan belum menyadari pentingnya reward bagi karyawan. Padahal, ada beberapa poin krusial yang jadi alasan kenapa apresiasi dan reward begitu penting bagi karyawan. Jadi kenapa hal tersebut begitu penting?

Membuat karyawan lebih bahagia

Sebuah penghargaan atau apresiasi yang diberikan pada karyawan tidak melulu berupa materi, layaknya uang atau barang. Contoh kecil, pujian seperti, “Good Job!” atau “Wah, ide dan rancangan strategi ini bagus sekali!” nyatanya sudah cukup membuat si karyawan merasa kinerjanya dihargai. Ia pun akan merasa senang.

Freepik

Membuat karyawan lebih produktif

Tak dimungkiri, meskipun hanya penghargaan lewat sebuah kalimat seperti di atas tadi, tak jarang mampu membuat karyawan merasa senang dan dihargai. Selain penghargaan, bentuk apresiasi atasan kepada karyawannya bisa mendorong karyawan semakin aktif dan produktif dalam bekerja. Ya, setidaknya membuat mereka (karyawan) merasa tidak tertekan atas pekerjaannya.

Mempererat hubungan atasan dan karyawan

Seorang atasan yang kerap mengapresiasi atau memberi reward pada karyawannya dijamin punya relasi lebih dekat dibandingkan bos yang hanya senang memerintah. Seperti yang dilansir dari laman Forbes (2017), 90% karyawan yang sering mendapat penghargaan dari atasannya menunjukkan rasa kepercayaan tinggi pada atasannya tersebut. Hal tersebut sangat penting, pasalnya, rasa nyaman dan percaya antara atasan dan karyawan mampu membangun situasi organisasi lebih kondusif.

Membangun lingkungan kerja yang positif

Suasana lingkungan kerja yang positif akan tercipta dari persaingan sehat para karyawan. Itulah sebabnya, apresiasi di tempat kerja sangat penting untuk mewujudkan lingkungan kerja positif. Karyawan berprestasi patut mendapatkan ucapan selamat dan bentuk apresiasi yang tepat untuk menghargai kerja kerasnya. Sehingga karyawan lainnya tidak merasa iri, melainkan terpacu untuk memberikan kontribusi yang lebih besar lagi.

Memberi pelatihan/seminar di luar perusahaan

Hal ini tak hanya untuk meningkatkan reputasi perusahaan saja, namun juga semacam penghargaan lain untuk karyawan. Di sisi lain, si karyawan akan merasa senang karena potensinya semakin terasah dan ilmunya semakin bertambah. Contohnya, mendaftarkan karyawannya untuk mengikuti pelatihan, baik itu seminar, webinar dan lain sebagainya.

Meningkatkan reputasi perusahaan

Ketika seorang karyawan keluar dari perusahaan, boleh dibilang gambaran terkait perusaaan juga akan ikut bersamanya. Jika ia membagikan hal baik dari perusahaan, tentu itu tidak rugi bagi perusahaannya. Tapi, bagaimana jika yang dibagikannya adalah sifat buruk perusahaan, seperti hal kecil; tak pernah memberi reward atau mengapresiasi karyawannya? Gawat, bisa jadi citra perusahaan jadi kurang baik. Jika kamu sebagai atasan, jadi cobalah sedikitnya untuk memberikan apresiasi pada seluruh karyawanmu.

Mewujudkan goals perusahaan

Jika dengan memberikan reward atau apresiasi dapat meningkatkan produktivitas karyawan, maka dengan karyawan yang produktif tersebutlah dapat memicu wujudkan goals/tujuan perusahaan. Karyawan akan berlomba-lomba untuk mencapai targetnya. Hal ini sangat positif karena dapat membantu perusahaan mencapai tujuan/goals.

Yusham

Categories: Work

Tagged as: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.