Hati-Hati, Nyinyir Dapat Membahayakan Jantung!

Jantung merupakan organ vital yang bertugas memompa darah ke seluruh organ tubuh. Oleh karena itu, Penyakit Jantung amat sangat di takuti diseluruh Dunia. Bila terjadi penyakit jantung, kinerja seluruh organ tubuh pun akan mengalami gangguan. Jika tidak ditangani secepatnya, penyakit jantung berisiko tinggi menyebabkan komplikasi berbahaya, bahkan kematian.

Data Penyakit Jantung di Indonesia

Designed by drobotdean / Freepik

Penyakit jantung bukan lagi topik yang asing untuk diperbincangkan. Tak hanya berpotensi besar untuk mengancam nyawa, pengobatan dan perawatan medis yang diperlukan untuk menangani penyakit ini pun membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2018, angka penyakit jantung dan pembuluh darah semakin meningkat tiap Tahunnya. Setidaknya, 15 dari 1000 orang, atau sekitar 2.784.064 individu di Indonesia menderita penyakit jantung.

Belum lagi menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) di tahun 2016. Penyakit Jantung dan Stroke menjadi urutan teratas diantara penyakit infeksi, kanker, diabetes dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Dari data-data tersebut Penyakit Jantung ini menjadikan fokus penting bagi dinas terkait dan para praktisi kesehatan di Indonesia maupun Dunia.

Penelitian Tentang Nyinyir Dapat Membahayakan Jantung

Designed by drobotdean / Freepik

Dikutip dari Daily Mail, sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti University of Tennessee di Amerika Serikat, menunjukkan orang yang mempunyai sifat bermusuhan, sarkasme, mudah tersinggung, tidak sabaran, atau mudah tersinggung memiliki kesehatan jantung yang rentan. Hal ini diketahui setelah mensurvei 2.300 orang yang mengalami serangan jantung.

Penelitian tersebut dilakukan selama 24 bulan dengan melakukan pendekatan karakter dari masing-masing pasien. Setelah dua tahun penelitian, peneliti menemukan adanya hubungan tingkat kelangsungan hidup dengan skor kepribadian pasien.

Hasilnya, orang yang suka memusuhi orang lain berisiko tinggi terkena serangan jantung, dan cenderung meninggal ketika mengalami serangan jantung yang berulang. Artinya, kepribadian seseorang dapat mempengaruhi kesehatan jantungnya, baik melalui mekanisme perilaku dan psikologis.

“Suka memusuhi orang lain adalah ciri kepribadian yang mencakup sifat sarkastik, sinis, kesal, tidak sabaran atau mudah tersinggung,” jelas Tracey Vitori, peneliti dari University of Tennessee.

“Bukan hanya dari satu kejadian, melainkan dari bagaimana seseorang berinteraksi dengan orang lain. Mengendalikan kebiasaan dan gaya hidup bisa meningkatkan prospek harapan hidup pasien serangan jantung,” pungkasnya.

Jadi, mulai saat ini hati-hati yah Sobat Glamours dengan kebiasaan nyinyir berbahaya sekali bagi kesehatan jantung kita.

Agus

Categories: Health

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.