Bucin Sampai Ke Ranah Keuangan? Hati-hati, Artinya Kamu Terjerat Toxic Financialship

Freepik.com

Ketika kamu menjalin sebuah hubungan – khususnya pacaran – apakah kamu sering meminta uang kepada pasanganmu? Atau bahkan sebaliknya? Jika iya, artinya kamu atau pasanganmu berada di dalam hubungan yang tidak sehat.

Ya, dalam menjalin dan mempertahankan hubungan kerap ada hal yang menjadi tantangan, salah satunya adalah urusan materi. Di zaman kiwari, pacaran tentu membutuhkan materi untuk urusan makan, nonton bioskop atau hal yang bisa dilakukan bersama. Tak sedikit pula orang rela melakukan apapun untuk membuat pasangannya senang sekalipun hal itu membuatnya lelah dan rugi. Gejala semacam ini tidak memandang gender, baik perempuan ataupun laki-laki.

Namun jika hal tersebut dibiarkan, bukan hubungan romantis yang didapat, tapi menyebabkan toxic financialship. Istilah ini merupakan di mana ada salah satu pihak yang ketergantungan secara ekonomi terhadap pasangannya. Nah, sebelum kamu atau pasang merugi, simak tanda-tanda jika hubungan dalam lingkar toxic financialship.

Sering Minta dibayarin

freepik.com

Pacar kamu akan meminta kamu untuk membayar apa saja, misalkan makan, nonton bioskop sampai bayar parkir. Mungkin awalnya pasangan akan beralasan jika ia tidak membawa dompet, tak pegang uang tunai, atau kartu ATM-nya ketinggalan, dan alasan lainnya. Lama-laini akan menjadi kebiasaan dalam toxic relationship, di mana pasanganmu akan berdiam saja dan membiarkan kamu membayar segalanya.

Kamu rela berbohong kepada orang tua demi sang pacar

Longleanna/Pixabay

Cinta itu buta. Maka, orang yang terjebak toxic financialship rela melakukan apa saja demi membuat pasangan bahagia. Misalnya, pacar kamu hendak meminjam uang, tapi pada saat yang sama kamu tidak pegang uang. Alih-alih menolak, kamu berbohong kepada orang tua dengan bemacam alasan, lantas memberikan uang tersebut untuk si dia.

Kamu rela menjual barang pribadi

Freepik.com

Selain berbohong kepada orang tua, kamu juga rela untuk menjual barang kesayangan kamu demi si dia. Sekalipun akan merasa kehilangan, bagi kamu, kebahagian pasangan dalam hal materi menjadi hal yang membuat kamu juga bahagia. Jangan sampai hal tadi terjadi sama kamu, ya!

Pasangan berhutang tapi tak melunasinya

Freepik.com

Hal ini merupakan poin penting dari toxic financialship. Biasanya, pasangan kamu akan sering memijam uang. Si dia biasanya berdalih atau pura-pura lupa untuk melunasinya. Dan karena kebiasaan itu kamu pun menjadi tak keberatan jika dia tak melunasi hutangnya. Dan siklusnya akan terus seperti itu. Aduh, enggak sehat banget kan? (YH)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.