Mau Ngomong Sesuatu tapi Tiba-tiba Lupa? Ini yang Sebenarnya Terjadi Pada Tubuh Kamu

Pernahkah Anda mendadak lupa mengenai apa yang ingin Anda bicarakan? Sudah pasti pernah! Jangan heran, ternyata gejala ini punya istilah bernama doorway effect.

Disebut doorway effect karena fenomena lupa ketika ingin berbicara sering kali terjadi ketika seseorang masuk atau keluar (berpindah ruangan) melewati pintu. Pintu digambarkan sebagai “batas acara”, sehingga bisa memisahkan antara aktivitas sebelum dan selanjutnya.

Ketika melewati batas tersebut, memori akan dikotak-kotakkan, ingatan satu dengan ingatan lainnya dibatasi. Itulah sebabnya, saat Anda berpindah, baik tempat atau mungkin “pindah” kegiatan, Anda cenderung kesulitan untuk mengingat apa yang ingin dibicarakan atau mungkin melakukan sesuatu.

Doorway effect bisakah dicegah?

Fenomena yang tak dapat dihindari ini merupakan efek lingkungan pada kinerja otak, meskipun begitu Anda tidak usah khawatir karna fenomena doorway effect bisa di minimalisasikan dengan beberapa cara. Berikut beberapa Tipsnya.

Membuat catatan

Cara paling mudah adalah membuat catatan contohnya saat anda berencana untuk menceritakan ide-ide kreatif pada teman yang di kantor, buatlah catatan pengingat di ponsel anda.

Meminta bantuan teman untuk mengingatkan

Salah satu cara lain untuk meminimaliskan fenomena doorway effect adalah dengan meminta bantuan teman untuk mengingatkan, cara ini bisa dilakukan jika Anda memang akan bersama dengan orang itu sampai di waktu Anda akan bercerita.

Tapi jika anda merasa terlalu sering lupa di ikuti dengan gejala lainya seperti sulit konsentrasi, berpikir, dan mengambil keputusan jangan sungkan untuk memeriksakan diri ke dokter sehingga dokter bisa membantu anda menemukan penyebab yang mendasarinya dan memberikan pengobatan yang tepat.


Netta

Categories: Health

Tagged as: , ,

1 reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.