The Sigit Akan Merilis Seri Dokumenter Perjalanan Bermusik

Personel grup band The Sigit, Rekti Yoewono/Istimewa/The Sigit

Grup band rock asal Bandung, The Sigit, akan merilis dokumenter perihal perjalanan musik mereka lewat film yang diberi tajuk Footnote: The SIGIT. Tayangan ini akan diluncurkan berseri mulai 2 Oktober 2020 mendatang melalui layanan streaming Pitchplay.

“Kami punya arsip yang lumayan lengkap, merekam berbagai macam hal dari zaman EP dulu hingga era Detourne kemarin,” kata Rekti melalui keterangan resminya, Kamis (1/10/2020).

Film Footnote: The SIGIT berisi sejumlah cuplikan dokumentasi panjang mengenai perjalanan bermusik The Sigit yang dikumpulkan sejak tahun 2000-an awal, sewaktu band beranggotakan Rektivianto Yoewono (vokal), Donar Armando (drum), Farri Icksan (gitar, synthesizer), dan Aditya Bagja (bas) ini merintis karier.

Videographer The Sigit, Adika Hernandi, kemudian mengolah data-data mentah berdurasi panjang itu menjadi beberapa musim tayangan, yang membawa penonton sekaligus penggemar The Sigit untuk masuk ke kapling-kapling cerita di balik layar yang belum pernah terpublikasikan sebelumnya.

“Setelah dirapikan, akhirnya muncul ide untuk punya serial dokumenter yang memang menampilkan banyak hal yang belum pernah dilihat orang banyak sebelumnya,” ujarnya.

Potongan film dokumenter Footnote: The SIGIT. Dok. The SIGIT

Rencananya, film dokumenter Footnote: The SIGIT musim perdana akan tayang dalam empat buah episode yang dapat disaksikan secara khusus mulai Jumat, 2 Oktober 2020 di Pitchplay, sebuah platform layanan video on demand yang menjalin kerja sama eksklusif dengan The Sigit.

“Sengaja enggak disusun secara kronologis. Jadi, satu musim bisa episode tentang kejadian di tahun sekian, kemudian di musim berikutnya bisa tentang periode sebelumnya, besoknya lagi bisa apa yang terjadi hari ini di tengah-tengah kami,” kata Rekti.

Sebelumnya pada akhir Juli 2020 lalu, The Sigit juga merilis single terbaru bertajuk yang menjadi tembang pembuka album teranyar yang saat ini tengah mereka siapkan.

Melalui lagu Another Day” , The Sigit seolah ingin menampilkan perjalanan perkembangan musik para personelnya setelah sempat absen menelurkan karya selama 7 tahun, sejak dirilisnya album Detourn pada 2013 silam.

Saat ini, teaser film dokumenter Footnote: The SIGIT berdurasi 57 detik, sudah dapat disaksikan melalui saluran YouTube dan akun Instagram resmi band The Sigit. (YH)


Categories: Music

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.