Viral! Tiara Andini Minum Jamu Brotowali Buat Challenge, Apa Khasiat dan Bahayanya?

Instagram/@tiaraandini

Beberapa Youtuber tidak terkecuali penyanyi muda asal Jember ini, Tiara Andini, menggunakan jamu sebagai pelengkap dari games tantangannya. Jamu dari tanaman Botrowali ini termasuk dalam tanaman obat tradisional. Masyarakat Indonesia sendiri sudah memanfaatkannya selama bertahun-tahun untuk menyembuhkan penyakit, salah satunya adalah diabetes.

Brotowali yang mempunyai nama latin Tinospora crispa merupakan tanaman dari keluarga Menispermiaceae. Tanaman ini banyak ditemukan di Asia Tenggara dan India bagian timur laut.

Lalu berbahaya kah mengkonsumsi tanaman ini? dan adakah khasiat dari tanaman yang diolah menjadi minuman jamu ini? Rasa pahit dari jamu ini sangat lah menyiksa, hingga membuat beberapa tamu yang berada dalam konten youtube dari Tiara harus memuntahkannya kembali.

Mari kita ulas tentang tanaman ini apakah ada khasiat dan bahaya saat mengkonsumsi jamu dari tanaman bernama latin tinospora crispa ini.

Membantu Mengobati Hipertensi

Ijeab / Freepik

Brotowali dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Penelitian pada tahun 2013 yang dilakukan pada tikus melaporkan bahwa,  kandungan dalam brotowali dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, dalam penelitian tersebut ditemukan fakta, bahwa brotowali juga dapat menghambat aktivitas aterosklerosis, sehingga dapat melindungi kesehatan jantung.

Brotowali dapat menunda perkembangan aterosklerosis pada pembuluh darah dengan cara menekan kadar kolesterol total, trigliserida, dan lipoprotein densitas rendah. Sifat antioksidan yang dimiliki oleh brotowali juga dapat melindungi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Mengendalikan Diabetes

Freepik

Pada penelitian yang dilakukan oleh Negara Thailand, Malaysia, Guyana, Bangladesh, dan India, menemukan fakta brotowali telah banyak dimanfaatkan dalam pengobatan diabetes. Penelitian pada hewan dan kultur sel telah menunjukkan bahwa brotowali dapat merangsang produksi insulin dari sel beta yang ada di pankreas. Brotowali juga dapat meningkatkan penyerapan glukosa oleh otot. Sehingga, brotowali dapat membantu mengontrol diabetes.

Sayangnya hal ini belum dilakukan penelitian kepada manusia, padahal penyakit diabetes sudah masuk pada jajaran teratas dalam penyakit yang mematikan di Indonesia. Jika hal ini benar adanya, kepahitan dalam jamu Brotowali ini ternyata sepadan dengan khasiatnya, untuk menyelamatkan banyak penderita diabetes di Indonesia.

Mengatasi Penyakit Kulit Menular

Selain sebagai obat tradisional yang diminum, ternyata Brotowali juga telah terbukti sebagai obat luar untuk mengatasi penyakit kulit seperti kudis, beberapa kandungan antioksidan tinggi yang ada dalam tanaman brotowali, mampu mengatasi dan telah terbukti dapat membantu menyembuhkan penyakit kulit ini.

Bahaya Mengkonsumsi Brotowali

Freepik

Meskipun banyak manfaat dari tanaman herbal ini, ternyata didalam kandungannya dapat menyebabkan keracunan pada hati dan ginjal. Belum lama ini, penelitian dilakukan pada tikus lab yang diberikan ekstraksi dari brotowali dengan dosis yang tinggi, menunjukan adanya tanda-tanda keracunan pada hati dan ginjal tikus tersebut.

Dari penelitian tersebut sudah sewajarnya jika kita mengkonsumsi obat herbal ini secara bijak, meskipun dalam budaya masyarakat Indonesia, obat herbal selalu menjadi jalan lain dalam pengobatan suatu penyakit, namun mirisnya dosisi atau takaran yang tepat untuk dikonsumsi masih belum dapat dipastikan.

Categories: Health

Tagged as: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.