Batik Parang Tiga Kali Mempercantik Drama Korea

Sumber: koreanesia.com

Tiga kali sudah batik Parang tampil menjadi balutan cantik bagi beberapa pemeran drama Korea. Awalnya batik ini muncul dalam salah satu drama yang berjudul “Eccentric! Chef Moon” bulan April lalu dan dipakai oleh aktris Gil Hae Yeon pada salah satu episode dari drama jebolan Channel A. Kemudian, bulan Juli 2020 batik Parang digunakan penyanyi cantik asal korea bernama Lizzy pada drama “Oh My Baby”.

Tak hanya sampai disitu, Batik Parang masih menarik perhatian stylish wardrobe drama korea sehingga kembali mempercantik tampilan Cha Soo Yeon pada drama “Private Lives” yang akan tayang pada tanggal 7 Oktober 2020 ini yang perankan juga oleh Seohyun SNSD dan Go Kyung Pyo.

Sumber: koreanesia.com

Tahukah kamu Batik Parang merupakan salah satu motif batik yang tertua di Indonesia. Parang berasal dari kata Pereng yang artinya Lereng. Batik Parang ini merupakan batik asli Indonesia yang sudah ada sejak zaman Keraton Mataram Kartasura (Solo). Batik sendiri sudah diakui UNESCO dan masuk dalam Daftar Perwakilan Warisan Budaya Tak-Benda sejak tahun 2009 lalu.

Sumber: Pinterest

Mengutip laman resmi Pemerintah Jawa Barat, awalnya batik hanya digunakan untuk pakaian raja, keluarga kerajaan, para pekerja di dalam kerajaan. Karena pekerja di kerajaan tinggal di luar keraton, mereka sering membara pekerjaan membatik ke luar kerajaan. Oleh karena itu, tak lama kemudian banyak masyarakat yang meniru membuat batik.

 Masyarakat luar negeri mengenal batik sejak pertengahan tahun 80-an saat Presiden Kedua Indonesia, Soeharto memberikan batik sebagai cinderamata bagi tamu-tamu negara. Tak hanya itu Presiden Soeharto juga mengenakan batik saat menghariri konferensi PBB yang membuat batik semakin terkenal

Sumber: Pinterest

Sembilan tahun lalu pada 2 Oktober 2009 dalam sidang ke-4 Komite Antar Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak-Benda yang diselenggarakan UNESCO ditetapkanlah sebagai Hari Batik Nasional. Perkembangan batik di Indonesia sekarang makin pesat. Berbagai macam batik dengan motif-motif baru serta corak baru semakin bertambah. Jadi, sebagai Warga Negara Indonesia, berbanggalah kita memakai Batik sebagai Warisan Budaya. Selamat hari Batik Nasional!


Sumber: koreanesia.com

Categories: News

Tagged as: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.