Perjalanan Jiwa The Changcuters di Album Trilogi Akhir “Loyalis”

cover album the cangcuters
Cover Album Loyalis

Sudah lama tidak terdengar, Tria dan kawan-kawan kembali meluncurkan album baru bertajuk Loyalis. Band asal Bandung ini merilis llbum dengan format 12 Lagu, hampir semua lagu di album terbaru The Cangcuters memiliki makna dan pesan moralitas. Dengan formasi Tria (vokal), Qibil dan Alda (gitar), Dipa (bas), serta Erick (drum), Album terbaru The Cangcuters ini masih dirilis bersama label musik kenamaan Indonesia yakni Sony Music Indonesia.

Dikutip dari wawancara Tria melalui saluran telefon bersama Pikiran Rakyat, tria mengungkapkan, “Album Loyalis lebih mengedepankan sisi perasaan yang dialami kebanyakan manusia dalam kehidupan sosialnya. Lewat hal yang bersifat gaib atau tak terlihat ini kami mencoba menguji kepekaan Anda dalam memahami setiap materi dalam album ini,” tutur Tria

Senada dengan perkataan Tria dalam wawancaranya, salah satu Lagu yang berjudul “Prevalensi” mengusung musik rock yang kental dengan distorsi gitar, dipadupadankan dengan lirik menyentil yang menggambarkan situasi manusia perkotaan mulai dari kebisingan kota, sikap arogansi manusia di jalanan kota, kepadatan penduduk, hingga bencana banjir yang diakibatkan oleh sampah.

Album baru The Cangcuters
Gambar The Cangcuters

Album Loyalis ini seakan menjadi album penuh kritikan yang ditunjukan kepada kita semua, sekaligus di album ini The Cangcuters memberikan warna berbeda dalam musik mereka selama berkarir di kancah musik tanah air. Menghilangnya mereka di kancah musik akhir-akhir ini dirasa tidak sia-sia, melihat materi lagu dalam album Loyalis ini yang diasajikan secara epik.


Agus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.