Malas Menyambut Hari Senin? Berarti Kamu Mengidap Lunaediesophobia

young-girl-slepping-table_23-2147655860
Photo: Freepik

Barangkali azan Magrib di hari Minggu adalah tanda berakhirnya akhir pekan. Esoknya, semua orang siap membuat ketakutannya masing-masing. Senin merupakan hari pertama atau awal dari suatu pekan saat semua aktivitas dimulai. Contohnya, seperti bekerja, sekolah, sampai kegiatan perkuliahan. Hal ini membuat kita harus mempersiapkan diri untuk melakukan berbagai aktivitas setelah menjalani rehat sejenak untuk beristirahat.

Masalahnya, banyak orang yang masih ingin menikmati akhir pekan atau hari libur sehingga tidak jarang kita mendengar ungkapan “I hate Mondays”. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka memiliki phobia atau ketakutan terhadap hari Senin yang berlebihan dan tidak jarang juga banyak orang yang merasa gelisah saat hari Senin akan datang.

Mengutip Odyssey, ketakutan yang amat sangat terhadap hari Senin disebut sebagai lunaediesophobia atau phobia hari Senin. Memang, banyak orang tak menyadari dirinya mengidap phobia yang satu ini.

Sangat mudah untuk melihat gejaja ini, cukup lihat diri kita ketika hari memasuki malam pada hari Minggu. Apakah kita akan stres dan malas memikirkan apa yang akan terjadi esok hari?

Kenyataannya, orang-orang bukan membenci hari Senin itu sendiri, tapi mereka masih enggan untuk memulai siklus kegiatan atau agenda mereka, terutama dalam hal pekerjaan. Bahkan, ada orang yang merasa stress karena pikiran mereka sendiri. Sama halnya dengan banyak orang yang menyukai hari Jumat karena hari Jumat merupakan gerbang menuju weekend.

Nah, apa sih faktor-faktor utama yang membuat kita cenderung membenci hari Senin?

  • Perubahan gaya hidup yang sibuk di weekdays. Kemudian, kamu harus menghadapi akhir pekan. Hal ini bisa membuatmu menjadi semakin malas.
  • Perubahan yang terjadi dan aktivitas yang ikut berubah membuat jam biologismu ikut terpengaruh.
  • Terkadang, pada saat akhir pekan kamu menghabiskan banyak waktu untuk tidur. Nah, hal inilah yang bisa membuatmu lemas atau bahkan sakit kepala di hari Senin.
  • Bisa jadi, kamu terlalu capek pada akhir pekan. Misalnya karena kamu bepergian atau terlalu banyak aktivitas di akhir pekan yang akhirnya menjadi penyebab tubuhmu merasa lelah. 

Hal-hal tersebut bisa membuatmu semakin membenci hari Senin. Tapi kamu tidak usah khawatir, karena ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menghadapinya.

  • Bersyukur. Dengan hal yang simple seperti bersyukur, ini akan memberikan dampak yang besar loh.
  • Cobalah untuk mengubah gaya hidupmu. Lakukanlah dari hal yang kecil. Kamu juga bisa tetap aktif di akhir pekan. Buat batasan apabila kamu ingin bangun lebih telat. Misalnya bangun maksimal 1 jam lebih terlambat. Akan tetapi, setelah itu kamu bisa langsung berolahraga.
  • Jangan terlalu mendorong dirimu untuk bekerja lebih keras.
  • Bersantailah di Jumat sore. Kamu juga bisa beristirahat di akhir pekan, tapi jangan terlalu berlebihan ya. Apapun yang berlebihan akan berdampak tidak baik loh.

Belda

Categories: Health, Who?

Tagged as: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.