Hati-hati, Memakai Masker Terlalu Lama Beresiko Bagi Kulit

Foto: Engin Akyurt/Pexels

Di tengah pandemi saat ini, memakai masker ketika keluar rumah merupakan hal wajib yang tidak boleh dilupakan. Untuk mencegah penyebaran virus corona, pemakaian masker terlalu lama ternyata berpengaruh juga terhadap masalah kulit. Dilansir dari Stylo Indonesia, pemakaian masker terlalu lama ternyata bisa berdampak negatif pada kondisi kulit Anda.

Para dokter kulit, mengatakan pemakaian masker terlalu lama akan memberi dampak negatif untuk kulit wajah.

Ketahuilah orang dengan wajah berminyak akan rentan berjerawat saat memakai masker. Begitu pula dengan pemilik kulit sensitif atau eksim akan menimbulkan ruam dan kering saat memakai masker. Sementara itu, penderita rosacea juga berisiko mengalami pembengkakan yang lebih parah saat memakai masker.

Lakukan persiapan untuk kulit wajah

Kulit yang tipis bisa mudah teriritasi saat terkena kotoran atau minyak di wajah.

Risiko iritasi ini akan semakin tinggi saat kulit terkena kotoran yang terperangkap di masker.

Udara yang kita hirup akan terperangkan di bawah masker dan menjadi tempat berkembangnya bakteri, Hal ini rentan memicu iritasi dan jerawat.

Untuk mengatasi hal ini menyarankan kita untuk menggunakan antioksidan topikal dan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit kita.

Selain itu, Anda juga harus menggunakan produk-produk yang dapat melindungi kulit dari polutan dan partikel berbahaya lainnya.

Gunakan tabir surya dengan rutin

Meski memakai masker, efek radiasi sinar ultraviolet tetap bisa mengenai kulit wajah kita. Cara paling efektif untuk melindungi kulit dari hal ini adalah memakai tabir surya sebelum mengenakan masker. Tabir surya membentuk lapisan pelindung di atas kulit, Untuk lebih memperkuat kesehatan kulit, pilih tabir surya yang dilengkapi dengan manfaat perawatan kulit seperti kemampuan melembabkan dan regenerasi.

Pilih produk make-up sebelum memakainya

Jika ingin memakai makeup, pilih riasan yang tidak menutup pori-pori kulit. Beberapa alas bedak biasanya mengandung bahan yang menyumbat pori-pori. Hal ini tentu berbahaya karena kondisi kelembaban kulit juga meningkat saat memakai masker.

Masker biasanya menutupi lebih dari setengah bagian wajah Anda. Untuk menjaga kesehatan kulit wajah, sebaiknya kita menghindari penggunaan concealer. Akan lebih baik jika Anda hanya menggunakan riasan mata untuk meminimalisir penyumbatan pori-pori,” tambahnya.

Perawatan kulit usai memakai masker 

Setelah melepas masker, Dr Lum menyarankan kita untuk membersihkan wajah secara menyeluruh untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan bakteri di wajah. Setelah itu, tambahkan pelembab untuk menghindari kulit kering. Untuk membuat kulit lebih rileks, tambahkan pelembab dengan ekstrak lidah buaya.

Bagi pemiliki kulit berjerawat, untuk Anda menyarankan untuk merawar wajah dengan antioksidan seperti vitamin C atau bahan penenang seperti probiptik topikal. Produk tersebut membantu mengurangi peradangan dan penumpukan bakteri berbahaya.


Sumber : Kompas.com 

Hernand

Categories: Health

Tagged as: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.