Berikut 7 Hal Yang Sering Dilupakan Saat Mencuci Muka

Shutterstock

Sepintas, mencuci muka terkesan begitu mudah, bukan? Anda tentu melakukannya setiap hari. Namun meskipun terlihat sederhana, cara mencuci muka sangat berpengaruh terhadap kondisi kulit wajah. Jika dilakukan dengan cara yang tidak tepat, kulit wajah dapat mengalami berbagai masalah seperti iritasi, kering, kasar, hingga penuaan dini. Tentu anda ingin wajah Anda selalu cantik, segar dan berseri bukan?

Pilih pembersih yang tepat

Sesuaikan sabun pembersih yang anda gunakan dengan jenis dan kondisi kulit anda. Jika perlu, berkonsultasilah dengan dokter kulit. namun yang harus diingat adalah, jangan pernah menggunakan sabun batangan untuk membersihkan waja karena akan membuat kulit wajah menjadi kering.

Pastikan tangan Anda bersih

Percaya atau tidak, banyak sekali yang melewatkan hal yang satu ini. Oh, come on! Anda ingin membersihkan wajah Anda dengan tangan yang kotor? Inilah dia langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mencuci muka: cucilah tangan Anda hingga benar-benar bersih.

Gunakan handuk yang bersih

Handuk yang Anda gunakan juga harus terjaga kebersihannya. Entah itu mencucinya setiap hari atau menggunakan handuk baru setiap mencuci muka, kebersihannya adalah yang utama. Sekedar menjemur atau mengeringkan saja tidaklah cukup. Kotoran yang mengendap pada handuk dapat menempel kembali ke kulit wajah saat digunakan.

Air jangan terlalu panas

Mencuci muka dengan air yang terlalu panas malah dapat membuat kulit wajah menjadi kering dan kusam. Untuk hasil terbaik, gunakan air yang hangat-hangat kuku. Tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Gunakan pembersih yang lembut

Banyak orang yang mencuci muka menggunakan sabun pembersih yang terlalu keras, yang mengandung scrub, exfoliant, dan sebagainya. Kecuali itu adalah resep dari dokter Anda, sebisa mungkin gunakan sabun pembersih yang lembut dan aman bagi kulit, agar kulit wajah terhindar dari kerusakan.

Bilas hingga benar-benar bersih

Pastikan untuk membilas wajah Anda hingga bersih sepenuhnya. Sisa-sisa sabun atau pembersih yang masih menempel di kulit dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering dan kasar.

Lakukan dua kali sehari

Anda sebaiknya mencuci muka sebanyak dua kali dalam sehari . Di pagi hari ketika Anda bangun untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang terkumpul di kulit wajah Anda saat sedang tidur, kemudian di malam hari untuk membersihkan sisa-sisa makeup, debu dan kotoran yang terkumpul sepanjang hari.


Yusham

Categories: Health

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.