Selain Mental, Berikut Hal Penting yang Mesti Kamu Siapkan Jelang Prosesi Lamaran Pernikahan

Foto: Burst/Pexels

Kita tahu, prosesi lamaran merupakan bagian dari persiapan awal untuk menggelar pernikahan. Meski tak sekrusial saat akan menggelar pernikahan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, khususnya oleh pihak lelaki. Yang pertama sudah pasti persiapan mental, berani maju mengajak keluarga untuk datang melamar. Lantas apa lagi?

Mendapat restu orang tua

Perjalanan rumah tangga yang akan dilalui akan terasa berat jika tanpa adanya restu dari orang tua. Maka, sebelum melangkah ke arah yang lebih serius, kamu mesti membicarakan hari ke hati bersama orang tua. Setelah itu, kamu dapat bertemu dengan orang tua kekasih dan membicarakan niat baik atau rencana selanjutnya. Mintalah izin orang tuanya untuk membawa kekasih kamu masuk tahap yang lebih serius. Percayalah, jika restu orang tua mengalir, doanya ikut mengalir untuk kamu dan pasangan, miscaya, kehidupan rumah tangga nantinya akan lebih damai.

Saling satukan visi masa depan

Mulailah bicarakan dengan kekasih tentang rencana yang kamu ingin lakukan di masa depan. Contohnya keinginan melanjutkan pendidikan, cara mengasuh anak, rencana membeli properti, dan lain sebagainya. Hal ini penting, pasalnya, kamu berdua mesti jujur mengenai cara membangun keluarga akan seperti apa.

Bicara soal keuangan

Sepintas memnag terkesan tabu, namun hal ini penting untuk dibicarakan; keuangan sebelum melamar. Kalau kamu sudah yakin untuk melamar, kamu dan pasangan mesti terbuka mengenai pendapatan, pengeluaran, utang, investasi, dan rencana keuangan lainnya. Contoh, jika kamu dan dia ingin membeli rumah setelah menikah, tetapi saat ini masih ada utang yang perlu dilunasi, kamudan pasangan mesti membicarakan rencana keuangan yang tepat untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Mempersiapkan Cincin Pertunangan

Kita tahu bahwa cincin merupakan syarat utama dalam prosesi lamaran. Cincin menjadi sebuah simbol ikatan dalam sebuah hubungan. Sudah semestinya bagi kamu pihak pria untuk menyiapkan cincin tunangan ini, jika belum, silakan kamu persiapkan sekarang juga. Buatlah kesepakatan dengan pasanganmu mengenai cincin tunangan. Seperti desain, ukuran, serta kotak cincin.

Hidangan makanan

Jika jumlah orang yang diundang sedikit dan hanya sederhana mungkin menu makanan dapat dimasak sendiri. Lalu apabila jumlahnya tidak sedikit tidak lah memungkinkan jika harus memasak sendiri. Sehingga tidak jarang katering menerima pesanan makanan untuk acara lamaran juga.

Busana

Busana menjadi salah satu perlengkapan yang jangan sampai kamu lewatkan saat lamaran. Nah, jika kamu memiliki bujet lebih, kamu bisa menyiapkan baju seragam untuk anggota keluarga yang akan ikut dalam acara tunangan. Namun jika bujet kamu terbatas, kamu cukup menyampaikan pada keluarga untuk memakai pakaian berwarna senada agar terlihat kompak. Kamu bisa memilih bahan batik untuk anggota keluarga pria dan kebaya untuk anggota keluarga wanita

Dekorasi lamaran

Nah, untuk mempercantik dan memperindah acara lamaran, kamu bisa melakukan dekorasi. Namun dekorasi ini bisa di sesuaikan dengan kebutuhanmu, apakah penting atau tidak. Kamu bisa saja tidak usah mendekorasi rumah. Ini tergantung dengan keputusanmu dan pasangan apakah dekorasi di anggap perlu atau tidak. 

Kebutuhan lainnya

Selain kebutuhaan utama yang telah disebutkan tadi, ada juga persiapan tambahan yang bisa kamu gunakan atau tidak dalam acara lamaranmu seperti; MC, bisa memanfaatkan jasa kerabat/keluarga atau MC professional. Tata rias, manfaatkan jasa MUA profesional atau berdandan sendiri. Sampai photographer dan videographer, tentatif, jika kamu ingin mengabadikan momen maka bisa menggunakan jasa mereka.


Sumber: rumah.com

Editor : Yusham

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.