Secara Enggak Sadar, Jangan-jangan Kamu Pernah Mengalami Kebalikan dari Deja Vu, Apa Itu?

Foto: Moritz Böing dari Pexels

Mungkin kamu sering mendengar istilah Deja Vu. Bahkan beberapa orang mengaku kerap kali mengalaminya. Tapi tahukah kamu, ada istilah kebalikan dari Deja Vu, yaitu Jamais Vu?

Kondisi satu ini mungkin belum terlalu populer di telinga kita, tapi Jamais Vu juga seringkali terjadi tanpa disadari.

Apa itu Jamais Vu?

Istilah ini kerap digambarkan sebagai kebalikan dari Deja Vu, Jamais Vu melibatkan rasa keseraman dan kesan pengamat melihat situasi untuk pertama kalinya, meskipun secara rasional mengetahui bahwa ia telah berada di situasi sebelumnya. 

Jamais Vu kadang-kadang dikaitkan dengan jenis tertentu aphasia, amnesia, dan epilepsi. Jamais Vu yang paling umum dirasakan ketika seseorang sesaat tidak mengenali sebuah kata atau, lebih jarang, orang atau tempat, yang sebenarnya seseorang tersebut tahu. 

Hal ini dapat dicapai oleh siapa saja dengan berulang kali menulis atau mengucapkan kata tertentu keras. Setelah beberapa detik satu akan sering, meskipun tahu bahwa itu adalah kata yang nyata, merasa seolah-olah “tidak ada cara itu adalah kata yang sebenarnya”.

Contohnya ketika kamu pergi ke suatu tempat seperti sekolahmu dulu, jika kamu merasa baru pertama kali datang ke tempat itu dan tidak mengenali lingkungannya, padahal kamu sudah pernah berkunjung ke tempat itu, maka bisa dikatakan kamu mengalami jamais vu.

Sebuah studi oleh Chris Moulin, dari Leeds University, meminta 92 relawan untuk menulis “pintu” 30 kali dalam 60 detik. Pada bulan Juli 2006 di Konferensi Internasional ke-4 di Memory di Sydney ia melaporkan bahwa 68 persen dari relawan menunjukkan gejala Jamais Vu, seperti awal meragukan bahwa “pintu” adalah kata yang nyata. 

Dr Moulin percaya bahwa kelelahan otak yang sama mendasari fenomena yang diamati pada beberapa pasien skizofrenia: bahwa seseorang yang akrab telah digantikan oleh seorang penipu. Dr Moulin menunjukkan mereka bisa menderita vu jamais kronis.

Kesimpulan

Deja Vu adalah perasaan ketika kita yakin pernah mengalami atau menyaksikan suatu kejadian sebelumnya, kamu merasa peristiwa itu sudah pernah terjadi dan berulang lagi.

Jamais Vu adalah suatu keadaan dimana kamu tidak mengenal sebuah situasi padahal kamu yakin sekali kalau sebelumnya kamu pernah ada di situ.


*Dilansir dari berbagai sumber

Editor : Yusham

Categories: Health

Tagged as: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.