Hari Cuci Tangan Sedunia atau Global Handwashing Day Diperingati Setiap 15 Oktober, Begini Sejarahnya

Foto: Burst/Pexels

Hari Cuci Tangan Sedunia diperingati setiap 15 Oktober untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya mencuci tangan dengan sabun. Di tahun ini, Hari Cuci Tangan Sedunia 2020 mengambil tema ‘Kebersihan Tangan untuk Semua’ di tengah pandemi Covid-19.

Lewat tema ini, publik diajak untuk meningkatkan kebersihan tangan dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air. Selain itu, tema ini juga mengajak publik untuk mengupayakan akses universal dan praktik cuci tangan dengan sabun demi masa depan yang sehat.

Nah, peringatan ini berawal dari sebuah organisasi yang berdiri pada tahun 2001 yakni Global Handwashing Partnership (GPH). Organisasi ini meliputi lembaga pemerintah, organisasi multilateral, perusahaan, organisasi non-pemerintah, dan lembaga akademik. GHP sendiri memiliki tujuan sebagai penelitian serta edukasi tentang penerapan cuci tangan.

Tak hanya bekerja sendiri, GPH juga bekerja untuk membangun komitmen politik dan mengajak setiap pemerintah agar mempromosikan cuci tangan di tingkat lokal, nasional, dan internasional. Hari Cuci Tangan Sedunia menjadi isu gelobal yang menjadi jembatan sebagai edukasi bahwa mencuci tangan yang benar dengan sabun sebagai hal mendasar untuk kesehatan yang baik.

Menurut GPH, cuci tangan adalah prioritas pembangunan internasional yang meningkatkan kesehatan, gizi, pendidikan, pembangunan ekonomi, dan pemerataan. Setiap orang di dunia dapat diberdayakan dan dimotivasi untuk melindungi kesehatan mereka sendiri, dan kesehatan orang lain, melalui mencuci tangan dengan sabun. Bermitra lintas sektor dapat meningkatkan dampak promosi dan praktik cuci tangan untuk membuat cuci tangan menggunakan sabun menjadi universal.

Melansir Global Handwashing Day, perayaan ini pertama kali digelar pada 2008 yang bertujuan untuk mengurangi wabah penyakit Diare. Saat itu, 120 juta anak di seluruh dunia turut berpartisipasi dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Sejak 2008, Hari Cuci Tangan Sedunia semakin berkembang dan mendapat dukungan, baik dari pemerintah, LSM, sekolah, lembaga internasional, organisasi masyarakat sipil, perusahaan, dan lainnya.


Penulis: Agus

Editor: Yusham

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.